Ponsel Lipat 5G, 5 Lensa, Layar Ganda, Muncul Jelang MWC 2019

eks, CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 11:30 WIB
Ponsel Lipat 5G, 5 Lensa, Layar Ganda, Muncul Jelang MWC 2019 Nokia 9 Pure View dengan lima kamera (REUTERS/Rafael Marchante)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum gelaran Mobile World Congress 2019 dimulai, Nokia, Huawei, Xiaomi, dan LG telah mengumumkan terlebih dulu perangkat-perangkat anyarnya.

Ponsel yang mereka besut memiliki  beberapa keunikan, seperti Nokia 9 Pure View yang menggunakan lima kamera, Huawei dengan ponsel lipat Mate X, LG dengan ponsel layar ganda V50 ThinQ, dan Xiaomi yang meluncurkan ponsel 5G pertamanya. 

Ponsel lima kamera Nokia 9 PureView


HMD Global mengumumkan ponsel dengan lima kamera, Nokia 9 PureView. Ini adalah ponsel pertama di dunia yang menggunakan lima kamera di bagian belakang. Kamera ini menggunakan lensa Zeiss.

Lantas buat apa saja lima kamera itu? Tiga kamera menggunakan lensa monokrom, sementara dua kamera lain menggunakan lensa RGB untuk menangkap gambar berwarna.

Selain itu, kamera sebanyak ini digunakan untuk meningkatkan data yang digunakan untuk membuat foto HDR, sebab tiap kamera akan menangkap gambar dengan bukaan (exposure) berbeda. Lima lensa ini juga berguna untuk membuat foto dengan latar kabur (blur). Keburaman latar bisa diedit setelah foto diambil, seperti dikutip CNet.

Selain itu, Juho Sarvikas, Kepala Produk HMD Global menjanjikan gambar yang diproduksi ponsel ini tiga kali lebih sedikit "noise". Ponsel ini akan tersedia Maret mendatang dengan harga Rp9,7 juta (US$699; kurs Rp14.004,9).

Ponsel layar ganda LG V50 ThinkQ

LG V50 ThinkQ yang menggunakan layar ganda (REUTERS/Albert Gea)
LG menawarkan ponsel lipat namun, namun dari layar ganda. Sehingga, ponsel ini tampak sedikit tertinggal dari ponsel dengan layar yang bisa dilipat seperti Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X.

Masing-masing layar dari V50 ThinkQ bekerja sendiri-sendiri sehingga pengguna bisa menonton film di salah satu layar, sementara layar lainnya digunakan untuk berselancar di internet misalnya. Ponsel layar ganda ini sudah dilengkapi dengan koneksi 5G, seperti dikutip Reuters.

Ponsel lipat Huawei Mate X

Sementara Huawei Mate X adalah ponsel lipat dengan teknologi 5G pertama di dunia. Ponsel ini meluncur beberapa hari setelah Samsung mengumumkan Galaxy Fold miliknya di San Francisco, Amerika Serikat.

Harga Mate X Rp36,5 juta (2.299 euro; kurs Rp15.891,28), lebih mahal dari Fold yang dibanderol Rp27,7 juta (US$1.980). Huawei menyebut ponsel ini akan tersedia pada pertengahan 2019.

Saat dilipat, Mate X menjadi ponsel dengan ukuran 6,6 inci. Sementara ketika dilebarkan ponsel ini berubah menjadi tablet berukuran 8 inci. Saat kedua layar dilipat ke belakang, Huawei tetap mengaktifkan layar di kedua sisi. Berbeda dengan Fold yang mematikan layar di salah satu sisinya ketika ponsel dilipat ke belakang.

Selain itu, Mate X lebih tipis ketimbang Fold. Mate X berukuran 5,4 mm ketika dilebarkan menjadi mode tablet dan punya tebal 11 mm ketika dilipat, seperti dilaporkan The Indian Express.
Huawei Mate X yang bisa dilipat (REUTERS/Sergio Perez)

Xiaomi Mi Mix 3

Tak ada yang terlalu istimewa soal Mi Mix 3. Xiaomi hanya mengumumkan versi 5G dari ponsel ini. Sebelumnya ponsel ini telah diumumkan pada Oktober lalu di China, namun hanya menggunakan koneksi 4G LTE.

Mi Mix 3 menggunakan layar Amoled HDR 6,39 inci dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel. Ponsel ini menggunakan prosesor Snapdragon 855, kamera ganda 12 MP, dan modem X50. (eks/eks)