Honda Geser Produksi Civic di Inggris ke Amerika

Febri Ardani, CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 19:23 WIB
Honda Geser Produksi Civic di Inggris ke Amerika Civic Type R yang dijual di Indonesia diimpor dari Inggris. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda telah mengumumkan bakal menutup pabrik di Swindon, Inggris, pada 2021, kemudian memindahkannya ke fasilitas produksi di Amerika Utara. Pabrik di Inggris diketahui selama ini digunakan buat memproduksi Civic.

"Mengingat upaya kami mengoptimalkan alokasi produksi dan kapasitas produksi dalam skala global, kami menyimpulkan bahwa kami akan memproduksi Civic untuk Amerika Utara di Amerika Utara," kata CEO Honda Takahiro Hachigo.

Automotive News menjelaskan ada tiga alasan keputusan Honda menutup pabrik Swindon. Pertama karena ingin menggunakan kapasitas produksi di pabrik lain yang tidak terpakai.


Alasan kedua adalah era elektrifikasi yang bakal bikin Honda mengubah perlengkapan pabrik buat mengikuti zaman dan ketiga ingin fokus pada pasar di mana mobil Honda lebih banyak terjual.

Pada tahun lalu Honda menjual 5,24 juta unit, lebih kecil tiga persen dari kemampuan kapasitas produksi globalnya sebesar 5,4 juta unit per tahun. Menutup beberapa pabrik kemudian menyalurkannya ke tempat lain bakal membuat kapasitas produksi per tahun Honda sebesar 5,1 juta unit.

Hachigo mengatakan keputusan penutupan pabrik Swindon tidak berkaitan dengan rencana Inggris keluar dari Uni Eropa atau dikenal Brexit. Meski begitu sikap Honda sudah dianggap sebagai langkah menarik investasi di Inggris yang kemungkinan bakal disusul produsen asal Jepang lainnya.

Bila Inggris keluar dari Uni Eropa dengan status 'Hard Brexit', ada kemungkinan bakal menjadi pasar tunggal dan punya aturan kepabeanan sendiri. Namun bila keluar 'No deal' kondisinya bisa jadi lebih parah karena tidak ada proses transisi, Inggris keluar dari Uni Eropa secara seketika.

Jepang dan Eropa baru saja menandatangani perjanjian perdagangan bebas. Salah satu kunci di dalam perjanjian tersebut isinya penghapusan periode transisi hingga tujuh tahun sebelum bea cukai baru Inggris ditetapkan.

Amerika Utara punya fasilitas produksi sedan Civic di Kanada dan Indiana. Komponen CVT Civic juga diketahui berasal dari Ohio dan Meksiko, membuatnya mudah dipahami mengapa Honda memilih Amerika Utara meneruskan produksi Civic yang sudah dilakukan di Inggris.

Sedan Civic sebenarnya juga diproduksi di Turki, namun Honda telah mengumumkan fasilitas produksi itu juga berakhir pada 2021. (fea)