Biaya Perbaikan Kaca Mobil Roy Suryo yang Pecah

ray, CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 14:09 WIB
Biaya Perbaikan Kaca Mobil Roy Suryo yang Pecah Toyota Harrier generasi kedua milik Roy Suryo mengalami pecah kaca bagian belakang. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil Toyota Harrier milik politikus Partai Demokrat Roy Suryo menjadi sasaran kericuhan yang terjadi saat calon presiden Prabowo Subianto datang di Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/2). Mobil yang sedang terparkir di dalam rumah mengalami pecah kaca belakang karena terkena lemparan batu dalam kejadian tersebut.

Akibat insiden tersebut kolektor otomotif itu dipastikan harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk mengembalikan kondisi mobil menjadi bugar.

Hasil penulusuran CNNIndonesia.com di toko onderdil ITC Fatmawati, Jakarta Selatan, Roy harus menguras isi kantong lebih dari Rp6 juta untuk membeli kaca belakang Toyota Harrier generasi kedua miliknya.


"Itu kaca mobil Harrier original untuk kisaran tahun 2010 dapat dikenakan harga sebesar Rp6 juta, harga ini belum termasuk harga pasang," kata tenaga penjual toko onderdil khusus merek Toyota yang tak ingin disebutkan namanya ketika dihubungi melalui telepon, Kamis (28/2).

Ia menjelaskan waktu pemasangan kaca bagian belakang membutuhkan beberapa jam.

Sementara itu tenaga penjual toko onderdil mobil lain menawarkan harga yang berbeda. Ia mengatakan, harga kaca belakang Harrier generasi kedua dijual Rp6,5 juta.

"Biaya itu belum termasuk ongkos pasang sebesar Rp750 ribu," ucapnya.

Untuk mengganti kaca mobil Toyota Harrier terbilang lumayan mahal, mengingat mobil datang ke Indonesia dalam bentuk jadi atau CBU (completely build up).

Di satu sisi, biaya perbaikan itu belum seberapa jika dibandingkan dengan penawaran harga dari Auto2000 Tebet, Jakarta Selatan.

Tenaga penjual salah satu dealer terbesar Toyota itu yang dihubungi menjelaskan bahwa untuk mengembalikan kondisi sempurna bagian belakang Harrier, Roy harus mengeluarkan dana antara Rp7 juta sampai Rp12 juta. (and/mik)