Gojek Ungkap Alasan Rajin Sebar Diskon Gopay

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 23:13 WIB
Gojek Ungkap Alasan Rajin Sebar Diskon Gopay Ilustrasi Gopay. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Head of Merchant Gojek Ryu Suliawan mengungkap alasan pihaknya kerap membagikan promo uang kembali (cashback) dan potongan harga bagi pengguna Gopay.

Menurut Ryu, promosi yang dilakukan untuk menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah dilakukan agar mereka bisa masuk dalam ekosistem keuangan digital. Saat ada banyak masyarakat kelas menengah ke bawah yang masuk ke ekosistem Gopay, Ryu mengatakan pihaknya akan menghentikan promosi.

"Fokus kami  adalah bagaimana kita mengamankan segmen pasar menengah dan ke bawah untuk menikmati keuntungan ekonomi digital. Jadi kami terus dorong solusi,  sampai mereka juga seimbang masuk dalam ekonomi digital. Itulah saat kita berhenti promosikan Gopay," kata Ryu di Mall Aeon Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Kamis (28/2).


Ryu kemudian menyinggung masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening bank. Ketimpangan ini membuat penetrasi ekonomi digital tidak merata ke seluruh pelosok Indonesia. 

"Kalau melihat akun bank di Indonesia, bank terbesar di Indonesia hanya milik hampir 20 juta akun bank. Ketika kita melihat  populasi di Indonesia , kita punya 216 juta orang," ucapnya.

Ryu mencatat setidaknya ada sekitar 150 juta orang yang belum memiliki akun bank. Perkembangan Gopay dan layanan uang digital beriringan dengan perkembangan inklusi keuangan di era ekonomi digital saat ini.

"Ketika kita melihat angka kalau kita berhenti berkembang, kita tidak bisa bantu sisa jumlah penduduk. Kami Gojek adalah pemain ekosistem. Dan kita tidak hanya mengurusi orang yang sudah punya Gopay," ujar Ryu. 

Gojek sebagai pemilik platform Gopay baru saja memperluas cakupan bisnisnya di Thailand dengan mengusung nama Get. Dalam ekspansi ini, Gojek juga akan memperkenalkan Gopay, meski belum jelas nama yang akan diusung untuk layanannya itu.

Disamping menyediakan layanan transportasi, di Thailand Gojek juga memboyong layanannya pemesanan makanan ala GoFood bernama Get Food, Gosend bernama Get Delivery, dan Get Win untuk layanan transportasinya. (jnp/evn)