Rudiantara Respons Status Decacorn Grab

CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 10:30 WIB
Rudiantara Respons Status Decacorn Grab Ilustrasi Grab. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan tidak tahu jika Grab sudah 'naik kasta' dari unicorn menjadi decacorn.

Decacorn merupakan perusahaan rintisan dengan valuasi lebih dari US$10 miliar, sementara unicorn adalah perusahaan rintisan dengan nilai US$1 miliar.

"Saya belum dengar, saya belum tahu. Belum tahu saya,"  kata Rudiantara usai acara talkshow #Kopitalkindonesia, di Hotel All Season, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).


Grab baru-baru ini mengumumkan status sebagai salah satu decacorn dari 16 decacorn yang ada di dunia. Sementara di Asia Tenggara, perusahaan yang digawangi Anthony Tan ini menjadi decacorn pertama.

"Grab, everyday SuperApp kamu, adalah Decacorn pertama di Asia Tenggara," seperti tertulis dalam situs tersebut, Kamis (28/2).

Grab juga mengumumkan pengukuhan status decacron lewat aplikasinya. Grab memberikan diskon dengan kode Decacorn bagi para penggunanya. Seraya diikuti dengan tulisan.

"Terima kasih karena kamu kita jadi decacorn pertama di Asia Tenggara."

Isu mengenai Grab akan menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara ini telah lama berhembus. Pada Desember 2018, Pendiri Grab Hooi Ling Tan mengungkap soal keyakinannya bahwa perusahaan yang didirikannya bersama Anthony Tan bakal menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara.

Dengan status ini, Grab yang memiliki valuasi US$11 miliar, sejajar dengan perusahaan teknologi lain seperti, Bytedance (valuasi US$75 miliar), Uber (US$72 miliar), Didi Chuxing (US$56 miliar), WeWork (US$47 miliar), Airbnb (US$29,3 miliar), SpaceX (US$21,5 miliar), Stripe (US$20 miliar). (jnp/evn)