Live Streaming Peluncuran Kapsul SpaceX Hari Ini

eks, CNN Indonesia | Sabtu, 02/03/2019 11:26 WIB
Live Streaming Peluncuran Kapsul SpaceX Hari Ini Kapsul Crew Dragon milik SpaceX yang akan meluncur ke ISS sore ini (David McNew/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA akan melakukan pengujian peluncuran kapsul astronaut milik SpaceX, Crew Dragon sore ini. Peluncuran akan dilakukan pada 2:49 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 14:49 WIB di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Kapsul ini diluncurkan dan mendarat stasiun pusat luar angkasa internasional (International Space Station-ISS). Pendaratan itu rencananya akan dilakukan pada Minggu (3/3) dan kembali ke Bumi pada Jumat (8/3).

"Kita akan meluncurkan astronaut Amerika menggunakan roket Amerika dari tanah Amerika lagi untuk pertama kalinya sejak pesawat ulang alik (AS) terakhir digunakan pada 2011," jelas kepala agensi luar angkasa AS, Jim Bridenstine kepada wartawan seperti dikutip AFP.


Berikut beberapa situs yang menayangkan siaran streaming detik-detik peluncuran tersebut. NASA berencana memulai tayangan streamingnya sejak pukul 14:00 WIB.

1. Layanan streaming NASA : https://www.nasa.gov/nasalive
2. Youtube NASA: https://youtu.be/21X5lGlDOfg
3. Laman streaming Space X: https://www.spacex.com/webcast

Sejak 2011 hingga saat ini, AS bergantung pada roket dan pesawat ulang alik Rusia untuk menerbangkan awak-awak astronaut dan logistik mereka ke ISS. Sebelumnya, program antariksa itu telah berjalan selama 30 tahun. NASA membayar US$82 juta di perorang untuk penerbangan pergi-pulang menggunakan roket dan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia.

Pada 2014, NASA memberikan kontrak kepada SpaceX dan Boeing untuk mengerjakan proyek kapsul antariksa untuk mengantarkan lagi astronaut dan logistiknya ke ISS. Namun, program ini terlah tertunda selama tiga tahun akibat isu keselamatan penumpang pesawat.

Kapsul ini akan membawa dummie yang mereka namakan Ripley yang diambil dari tokoh di film Aliehn yang diperankan oleh Sigourney Weaver. Namun, Hans Koenigsmann dari SpaceX lebih memilih untuk memanggilnya "smartie".



Ripley akan duduk di bagian kokpit pesawat dan telah dipasangi sensor untuk mengumpulkan berbagai data. Sebuah kamera akan menunjukkan bagaimana perjalanan Ripley menuju ISS.

Boeing nantinya juga akan meluncurkan kapsul yang dinamakan Starliner. Uji terbang akan dilakukan pada April mendatang. Kedua perusahaan ini mendapat kontrak karena NASA tidak ingin hanya bergantung pada satu kendaraan luar angkasa saja untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan.

Penerbangan kapsul berawak ini diperkirakan akan dilakukan pada Juli mendatang. Namun, para pejabat resmi kerap memperkirakan penerbangan pada akhir 2019 akan lebih realistis dilakukan.

Untuk SpaceX yang didirikan oleh Elon Musk pada 2002, mengirimkan manusia ke orbit akan menjadi kulminasi kerja keras mereka selama bertahun-tahun dan investasi di perusahaan dengan resiko tinggi itu.

"Menerbangkan manusia ke luar angkasa adalah inti bisnis dari SpaceX," jelas Koeningsmann yang menjadi Wakil Presiden unutk pembangunan dan keandalan pesawat.

Kurang dari sepuluh tahun, SpaceX telah menjadi rekanan kunci NASA dan mendominasi pasar untuk peluncuran satelit. (eks/eks)