FOTO : Peluncuran Kapsul Luar Angkasa SpaceX

AP, REUTERS, CNN Indonesia | Sabtu, 02/03/2019 17:49 WIB

Florida, CNN Indonesia -- Kapsul antariksa Crew Dragon buatan SpaceX dan Boeing untuk membawa astronot ke stasiun luar angkasa internasional berhasil diluncurkan.

Kapsul tanpa awak SpaceX, Crew Dragon, telah berhasil meluncur dari landasan NASA, Sabtu (2/3). Kapsul tersebut terbang menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station-ISS) dan dijadwalkan akan mendarat besok pagi (3/3). (Joel Kowsky/NASA/Handout via REUTERS)
Crew Dragon berhasil meluncur pada 02:49 waktu setempat atau 14:49 WIB dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Kapsul yang kelak akan digunakan untuk membawa astronaut ke ISS itu diluncurkan dengan roket Falcon 9 SpaceX. (REUTERS/Mike Blake)
Di dalam kapsul terdapat boneka yang seolah-olah sebagai astronaut yang dibawa ke orbit Bumi. Boneka yang dinamakan Ripley ini disematkan berbagai sensor untuk mengetahui kondisi apa saja yang dialami astronaut ketika berada dalam kapsul ruang angkasa tersebut. (SpaceX via AP)
Kapsul Crew Dragon dengan tinggi 4,9 meter ini berhasil terlepas dari roket setelah meluncur 11 menit kemudian. Kapsul itu lantas melanjutkan perjalanannya menuju ISS. (SpaceX via AP)
Kapsul ini lantas akan disambut oleh tiga kru penghuni ISS yang membawa 181 kilogram logistik dan berbagai perangkat untuk melakukan pengetesan, seperti dijelaskan NASA. (AP Photo/Terry Renna)
Crew Dragon akan melakukan serangkaian pengetesan selama berlabuh lima hari di ISS. (Malcolm Denemark/Florida Today via AP)
Astronaut AS Anne McClain dan astronaut Kanada David Saint-Jacques akan melakukan pengetesan dan menginspeksi kabin Crew Dragon. (AP Photo/John Raoux)
NASA telah memberikan proyek kepada SpaceX dan Boeing untuk membangun kapsul dan roket guna mengirimkan astronaut ke orbit. Keduanya mendapat dana US$6,8 miliar untuk menjalankan misi tersebut. (REUTERS/Mike Blake)