Tips Otomotif

Kenali Ciri-ciri Rem Tangan yang Tidak Pakem

ray, CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 12:55 WIB
Kenali Ciri-ciri Rem Tangan yang Tidak Pakem Rem tangan atau handbrake sangat diandalkan ketika mobil transmisi manual menghadapi jalan menanjak. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberadaan rem tangan atau handbrake pada mobil sangat penting. Fungsinya umum digunakan supaya mobil tidak bergerak bebas saat parkir, jalan menanjak atau menurun.

Seperti komponen lain pada mobil, sistem rem tangan juga wajib dilakukan pengecekan secara rutin agar tak mendapat masalah di kemudian hari.

Dalam berkendara sehari-hari, pengendara sering menghadapi masalah rem tangan yang tidak berfungsi mengunci posisi mobil. Hal tersebut terjadi karena komponen rem tangan dalam kondisi tidak baik.


Sebelum menimbulkan masalah, ada baiknya pemilik kendaraan rajin merawat kondisi rem tangan agar tetap maksimal saat digunakan.

Cukup mudah mengenali kondisi rem tangan, bahkan tanpa harus membongkar. Cara paling gampang dengan membedakan tarikan tuas.

Biasanya setting rem tangan pada mobil standar keluaran itu mulai dari lima sampai tujuh klik. Bila sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi, maka kita segera kunjungi bengkel dan melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi rem.

Besar kemungkinan bila sudah tidak sesuai dengan kebiasaan sehari-hari biasa karena kampas rem yang sudah menipis.

Selain kampas rem yang menipis, yang membuat tarikan rem tangan berubah disebabkan dari kondisi rem kotor. Dalam kondisi tersebut, otomatis jalur kabel atau sling rem juga ikut tersumbat, mengutip situa resmi Toyota Indonesia.

Jika sudah tersumbat saat mau menurunkan tuas juga menimbulkan gejala 'agak' susah.

Khusus rem tangan, dalam hal ini pemilik mobil transmisi manual yang wajib memperhatikan kondisi rem tangan. Sebab kalau rem tangan sudah aus dipastikan tidak bisa bekerja maksimal di jalan menanjak. Mobil pun meluncur ke belakang karena tak ada yang menahannya.

Berbeda dengan mobil transmisi otomatis yang biasanya tersedia teknologi untuk menahan gerak mobil selama beberapa detik tidak bergerak mundur. (ryh/mik)


BACA JUGA