Kapsul Luar Angkasa SpaceX Mendarat di ISS

CNN Indonesia | Senin, 04/03/2019 11:40 WIB
Kapsul Luar Angkasa SpaceX Mendarat di ISS Roket Crew Dragon mendarat di ISS pada Minggu (3/3). (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Misi demonstrasi kapsul nirawak Crew Dragon milik SpaceX berhasil mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Minggu (3/3). Sebelumnya kapsul ini meluncur pada Sabtu (2/3) dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, AS.

Crew Dragon mendarat dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional pukul 10:51 GMT atau 17:51 WIB setelah menempuh perjalanan hampir 400 kilometer dari permukaan Bumi.

Anne McClain, salah satu dari astronaut asal AS yang sedang 'menghuni' ISS memberikan ucapan selamat datang kepada kapsul Crew Dragon yang baru saja mendarat.


"Selamat datang di era baru di luar angkasa," ujar McClain.

Kepala Badan Antariksa AS (NASA) Jim Bridenstine mencuitkan ucapan selamat atas prestasi bersajarah yang dilakukan SpaceX dan NASA. Ia menganggap hal itu membawa AS selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan mengirim kembali astronaut ke ruang angkasa menggunakan roket buatan perusahaan lokal.



Dilansir AFP, kapsul setinggi 4,9 meter ini mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional secara perlahan dengan mensinkronkan kecepatan dan lintasannya.

Penerbangan Crew Dragon tercatat menghabiskan waktu selama 27 jam. Rencananya, roket ini menetap selama lima hari di ISS dan kembali ke Bumi pada Jumat (8/3) dengan mendarat di Samudera Atlantik.

Selama kurun waktu lima hari, Crew Dragon akan melalui tahap pengetesan dan inspeksi kabin oleh awak ISS yakni McClain dan astronaut Kanada David Saint-Jacques.

Kapsul Crew Dragon membawa boneka dummy Ripley yang berakting layaknya astronaut. Ripley dipasangi berbagai sensor untuk mengetahui kondisi apa saja yang kemungkinan akan menimpa astronaut saat diterbangkan menggunakan kapsul tersebut.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)