Model Y Meluncur Bulan Ini, Harga di Atas Model 3

ray, CNN Indonesia | Senin, 04/03/2019 12:23 WIB
Model Y Meluncur Bulan Ini, Harga di Atas Model 3 Situs resmi Tesla menyebutkan Model 3 memiliki tiga varian untuk konsumen. (Foto: AFP PHOTO / Emmanuel DUNAND)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tesla akan meluncurkan mobil listrik baru, yaitu Model Y yang disebut sebagai 'adik' dari Model 3. Model baru dari perusahaan otomotif bermarkas di Silicon Valley, California, Amerika Serikat (AS) itu akan mengawali debutnya pada 14 Maret 2019.

Peluncuran sport utility vehicle (SUV) listrik tersebut bakal berlangsung di LA Design Studio, Los Angeles, AS.

"Model Y, menjadi sebuah SUV, sekitar 10 persen lebih besar dari Model 3, sehingga harganya sekitar 10 persen lebih tinggi," kata Musk dalam cuitannya, mengutip Reuters (4/3).




Model Y diprediksi bakal dirakit di Shanghai Gigafactory di China timur, atau satu tempat produksi Tesla Model 3, Pabrik itu memiliki kapasitas produksi 250 ribu kendaraan per tahun.

Sementara InsideEVs menyebutkan hingga kini belum ada informasi resmi soal spesifikasi dan harga dari mobil baru Tesla tersebut, mengutip Reuters, Senin (4/3)

Menurut Tesla, Model Y akan menggunakan basis Model 3 guna menekan biaya produksi. Dengan strategi itu bukan berarti harga yang ditawarkan akan relatif 'murah'.

Rumor terbaru beredar bahwa Model Y bakal dijual US$40 ribu (Rp565,1 juta, sementara sedan listrik Model 3 dibanderol sekitar US$35 ribu (Rp500 juta). Artinya lebih mahal dari Model 3 yang selama ini dikenal sebagai mobil listrik termurah yang dijual Tesla.

Model 3 dirancang untuk muat lima penumpang dan mampu menempuh perjalanan sekitar 350 kilometer (km) saat baterai terisi penuh. Tersedia juga opsi varian yang mampu berjalan lebih jauh hingga 499 km.

Situs resmi Tesla menyebutkan Model 3 memiliki tiga varian, yaitu Mid Range penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam selama 5,6 detik, Long Range penggerak semua roda dengan akselerasi 4,5 detik, serta Performance dengan konsep penggerak empat roda (All Wheel Drive/AWD) dengan akselerasi 3,3 detik.

Khusus varian Performance ada penambahan setting suspensi lebih rendah, rem performa, spoiler serat karbon, pedal performa, dan mode berkendara "Track".

Pihak Importir umum asal Indonesia, Prestige Image Motorcars mengaku tertarik memasarkan Model 3 di Tanah Air. IU tersebut menjadwalkan pemasaran Model 3 pada Juni 2019. (ryh/mik)


BACA JUGA