Grab Hendak Bangun Lab Digital di BSD

CNN Indonesia | Senin, 04/03/2019 15:33 WIB
Grab Hendak Bangun Lab Digital di BSD Grab menggandeng Sinar Mas Land untuk membangun lag digital di BSD. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab berencana membuka pusat inovasi dan laboratorium digital di BSD City, Tangerang yang bekerja sama dengan Sinar Mas Land.

Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (4/3) bertujuan memperkuat BSD City sebagai smart digital city pertama di Indonesia. Kemitraan strategis ini dilakukan setelah Grab mengumumkan telah mengantongi status sebagai startup decacorn (perusahaan rintisan yang memilii valuasi US$10 miliar).

Ada tiga rencana proyek kerja sama yang akan dilakukan oleh Grab dan Sinar Mas Land. Pertama adalah menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat. 


Grab saat ini memiliki 200 tim teknisi yang fokus melakukan pemetaan Tim ini juga mengandalkan machine learning untuk melakukan pemetaan agar tidak menyebabkan kemacetan saat menjemput atau mengantar penumpang. 

"Ada mapping yang baik. Kita ada tim yang bisa mapping BSD sebaik-baiknya. Tidak hanya di jalan tapi juga indoor," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

Proyek kedua adalah melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi. Kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan personal yang dipakai untuk jarak dekat.

Ridzki belum mengungkapkan model bisnis dan hal detail terkait kendaraan berbasis listrik tersebut. "Ada PMD untuk transportasi personai jarak dekat dengan biaya terjangkau. Jadi nanti ada kendaraan yang personal bukan umum," ujarnya.

Ketiga adalah melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City. Sebagai everyday super app, Ridzki mengatakan Grab bisa berperan banyak untuk memberikan dampak positif dan memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat.

"Yang bisa kami lakukan itu ada transportasi. Untuk kota itu ada shuttle kami akan berikan dynamic shuttle. Ada feeder technology yang akan hubungkan konsumen ke stasiun," ucapnya.

Acara penandatanganan kerja sama tersebut dihadiri oleh Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja dan Group CEO and pendiri Grab Anthony Tan. Kerja sama ini akan meningkatkan ekosistem digital lndonesia BSD Digital Hub Area.

Tempat ini diproyeksikan akan menjadi pusat para pelaku usaha di dunia industri IT dan teknologi digital di Indonesia. Mulai dari sekolah pencetak talenta yang dibutuhkan industri 4.0, startup coworking space, perusahaan teknologi, e-commerce, industri kreatif, dan juga perusahaan global.

"BSD ada tujuan besar untuk mendidik manpower atau sumber daya manusia dan tenaga kerja agar lebih mendekati industri 4.0. Di mana permintaan pasokan sdm-nya berubah," ujar Michael. (jnp/evn)