Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Sejagat dengan Rp1,8 Kuadriliun

CNN Indonesia | Rabu, 06/03/2019 08:05 WIB
Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Sejagat dengan Rp1,8 Kuadriliun CEO Amazon Jeff Bezos menjadi orang terkaya sedunia selama dua tahun berturut-turut. (Foto: HO/Mike Brown/Space Florida)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos kembali menjadi orang terkaya sejagat. Forbes mencatat kekayaan pria berkepala plontos ini hingga awal 2019 mencapai US$131 miliar atau sekitar Rp1,8 kuadriliun.

Jumlah kekayaan Bezos meningkat US$19 miliar dibandingkan setahun silam. Tahun lalu, kekayaan bersih Bezos tercatat US$100 miliar.

Dengan begitu, untuk dua tahun berturut-turut ia mengantongi gelar sebagai orang kaya sejagat mengungguli pendiri Microsoft Bill Gates.


Kabar perceraian antara ia dan istrinya MacKenzie sempat memicu kekhawatiran investor terhadap performa bisnis Amazon. Kekhawatiran tersebut muncul lantaran Mackenzie pernah menjabat sebagai akuntan untuk perusahaan yang didirikan suaminya tersebut.

Isu perselingkuhan antara Bezos dan pembawa acara TV Lauren Sanchez disebut menjadi penyebab MacKenzie menggugat cerai suaminya.

Perpisahan antara keduanya besar kemungkinan akan memengaruhi kekayaan Bezos. Hal itu lantaran Negara Bagian Washington mengharuskan pasangan yang bercerai untuk membagi harta selama pernikahan secara adil.

Di sisi lain, jika MacKenzie mengantongi setengah dari kekayaan Bezos maka otomatis ia akan menjadi perempuan terkaya di dunia.

Tahun lalu, kekayaan Bezos melampaui rekor Bill Gates sebagai orang terkaya sejagat selama 12 tahun berturut-turut sejak 2001 hingga 2017. Gates mungkin bisa tetap mengantongi gelar tersebut jika ia tidak menghibahkan US$3,5 miliar kepada yayasan yang didirikannya.

Bezos dan Gates hanya dua dari nama-nama miliuner dunia dalam dua dekade terakhir. Dua nama lainnya yakni CEO Berkshire Hathaway Warren Buffet dan Carlos Slim Helu dari Meksiko. (evn)