Kali Ketiga, Astronaut Wanita Lakukan Spacewalk 23 Maret

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 11:16 WIB
Kali Ketiga, Astronaut Wanita Lakukan Spacewalk 23 Maret Space walk atau berjalan di luar angkasa akan dilakukan oleh dua astronaut wanita (REUTERS/NASA/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua astronaut NASA wanita akan berjalan di luar angkasa (spacewalk) untuk pada 29 Maret mendatang. Keduanya akan berjalan di luar angkasa dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ ISS).

Berjalan di luar angkasa ini pertama akan jadi yang ketiga kalinya dilakukan wanita. Sebab sebelumnya, wanita pertama yang berjalan di luar angkasa dilakukan oleh komonaut Svetlana Savitskaya pada 1984. Astronaut NASA Kathryn Dwyer Sullivan mengikuti jejak di tahun yang sama sebagai permpuan kedua yang berjalan di luar angkasa. 

Astronaut perempuan NASA Anne McClain dan Christina Koch akan berjalan di luar angkasa selama tujuh jam. Saat ini, McClain telah berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional.


Sedangkan Koch, dijadwalkan akan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 14 Maret mendatang, menggunakan pesawat ruang angkasa Roscosmos Soyuz Rusia, bersama astronout NASA Nick Hague dan kosmonaut Alexey Ovchinin, seperti diberitakan oleh CNN.

Menurut NASA, perjalanan luar angkasa ini dilakukan karena sejumlah alasan. Misal ada pekerjaan yang harus dilakukan di luar pesawat ISS, melakukan eksperimen ilmiah, atau mengetes peralatan baru. Mereka juga harus keluar pesawat untuk memperbaiki satelit atau pesawat luar angkasa yang sudah mengorbit ketimbang membawa perangkat itu kembali ke Bumi untuk diperbaiki.

Aksi berjalan mereka akan dipandu dari Bumi oleh pengendali Penerbangan Badan Antariksa Kanada, Christian Facciol. Ia akan memandu dari kantor NASA Johnson Space Center, Houston.

"Ini adalah yang kedua dari tiga rangkaian perjalanan ruang angkasa yang direncanakan. Anne juga akan bergabung dengan Nick Hague untuk perjalanan tanggal 22 Maret. Tentu saja penugasan dan jadwal akan selalu berubah," kata Juru Bicara NASA, Stephanie Schierholz, Rabu (6/3).

"Selain Anne dan Christina, Mary Lawrence dan Jackie Kagey juga akan menjadi pengendali penerbangan utama EVA," sambungnya.

Berita ini pertama kali dicuitkan oleh pemandu bagi kedua astronaut wanita tersebut, Facciol.



McClain dan Koch mengikuti kelas astronout NASA sejak 2013. Keduanya adalah bagian dari Ekspedisi 59 dimana setengah dari anggota kelas tersebut adalah wanita, seperti dilansir dari CNet. (din/eks)