Nissan Terra Belum Bisa Tempel Pajero Sport dan Fortuner

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 17:34 WIB
Nissan Terra Belum Bisa Tempel Pajero Sport dan Fortuner Nissan Terra. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- SUV terbaru Nissan, Terra, terekam belum mampu bersaing dengan pemain senior di pasar medium SUV di dalam negeri. Selama dua bulan pertama penjualan Terra cuma terjual ratusan unit, sedangkan MItsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner mendekati 3.000 unit.

Dinilai dari kebiasaan mobil baru yang meluncur di Indonesia, pada umumnya penjualan bakal 'meledak' pada periode satu hingga enam bulan sejak peluncuran. Masa itu sering dikenal dengan istilah 'bulan madu',  yakni saat Agen Pemegang Merek (APM) sangat intens memperhatikan produk terkait pemesanan, masa inden, dan distribusi.

Terra meluncur pada Oktober 2018. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Terra terjual 793 unit pada November dan Desember 2018. Sementara itu pada dua bulan terakhir 2018, Pajero Sport laku 2.871 unit dan Fortuner 2.994 unit.


Terra sebenarnya punya modal menarik buat menggoda konsumen, yakni harganya lebih murah. Terra dilego Rp464 juta - Rp661 juta atau lebih rendah ketimbang Fortuner mulai Rp471,85 juta dan Pajero Sport mulai Rp479 juta.

Terra menggendong mesin diesel 2.488 cc bertenaga 187 tenaga kuda pada 3.600 rpm dan torsi 450 Nm pada 2.000 rpm. Mesin tersebut digunakan untuk semua varian, termasuk versi 4X4.

Sama seperti kompetitornya Terra merupakan SUV dengan sasis ladder frame, mobil tujuh penumpang ini menggunakan platform yang sama dengan pikap Nissan Navara.

Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani mengakui penjualan Terra belum satu level dengan pesaingnya. Ia berpendapat minimnya minat masyarakat terhadap Terra lantaran usia mobil itu masih sangat muda.

Menurut Hana pada tahun ini pihaknya akan terus berupaya membangun citra Terra melalui berbagai promosi di Tanah Air. Hana pun optimis tidak akan sulit bagi Terra menyaingi Pajero Sport dan Fortuner.

"Kami baru launch akhir tahun lalu, jadi kami masih terus mengkomunikasikan dan mendorong awareness-nya di tahun ini," kata Hana dihubungi Jumat (8/3). (ryh/fea)