Paten Pengontrol Gim Google Terkuak

CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 09:41 WIB
Paten Pengontrol Gim Google Terkuak Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google ketahuan mematenkan pengontrol dan rancangan untuk konsol gim miliknya. Kabarnya perangkat gaming dalam proyek Yeti itu akan diumumkan bulan ini saat Google menggelar Game Developer Conference pada 19 Maret nanti.

Paten yang terkuak itu bukan untuk konsol game itu sendiri. Tapi terkait dengan sistem notifikasi perangkat itu. Notifikasi tersebut digunakan untuk memberitahu pengguna ketika suatu game telah tersedia, ketika pemain menerima undangan, ketika ada perubahan posisi rangking pemain, dan jika menerima permintaan obrolan (chat).

Sebelumnya, Google memang sudah diisukan akan merambah industri konsol gim. Proyek ini diberi kode nama Yeti yang akan menyediakan layanan gim streaming. Google bahkan telah mengakuisisi studio gim untuk proyeknya itu.


Dokumen itu terdaftar di Kantor Paten dan Hak Cipta Amerika Serikat. Dalam file tersebut dicantumkan juga rancangan pengontrol game yang mirip dengan perangkat kontrol game PlayStatuion 4 DualShock.

Terdapat dua joystick, tombol empat arah, empat tombol gameplay, dan empat tombol lainnya. Ada juga tombol yang diperkirakan sebagai tombol kembali dan home. Berikut adalah hasil render tidak resmi dari paten tersebut, seperti dilansir Digital Trend



Paten ini didaftarkan pada Oktober tahun lalu yang merupakan kelanjutan paten pada 2014. Sehingga, sangat mungkin terdapat perubahan rancangan paten jika memang Google akan meluncurkan konsol tersebut.

Proyek Yeti ini akan memainkan gim berperforma tinggi di mesin Google. Pengguna lantas akan mengaruskan gim itu ke konsol mereka. Perangkat konsol ini kabarnya berupa dongle Chromecast. (eks/eks)