Pentagon Tinjau Izin Keamanan Elon Musk

CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 03:27 WIB
Pentagon Tinjau Izin Keamanan Elon Musk Elon Musk. (REUTERS/Joe Skipper)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pentagon dilaporkan sedang meninjau izin keamanan Chief Executive SpaceX Elon Musk. Pasalnya, sang miliarder tertangkap kamera sedang menghisap marijuana dan meminum wiski saat melakukan podcast milik komedian Joe Rogan pada September 2018 lalu.

Musk diketahui memiliki izin keamanan karena SpaceX menyediakan layanan peluncuran satelit untuk pemerintah AS.

"Untuk alasan privasi dan keamanan, kami tidak akan secara terbuka membahas status izin individu," ujar Juru Bicara Pentagon, Letnan Kolonel Mike Andrews dikutip dari Reuters.


Selain itu, bos perusahaan mobil listrik Tesla itu diketahui telah mengisi kembali formulir keamanan SF-86, yang mengharuskan karyawan federal atau kontraktor mengakui setiap penggunaan obat terlarang selama tujuh tahun sebelumnya.
Dilansir Bloomberg, terkait penggunaan ganja pemerintah Kanada secara resmi telah melegalkan penggunaan ganja di negaranya. Sepuluh negara bagian AS juga telah mengizinkan penggunaan ganja untuk orang dewasa dan menyepakati ganja untuk kalangan medis.

Namun, tetap saja ganja dilarang pemerintah AS karena terdaftar sebagai bagian dari zat terlarang. Akibat perbuatan Elon Musk tersebut, NASA juga ikut angkat bicara dan memastikan Musk tidak akan kembali menghisap ganja atau marijuana di depan publik.

Diketahui, NASA mengeluarkan upaya peninjauan keamanan operasi dan budaya kerja, termasuk kebijakan bebas narkoba di SpaceX dan Boeing. Mengingat kedua perusahaan itu merupakan mitra NASA untuk mengirimkan astronaut ke luar angkasa.
"Dia (Musk) berkomitmen terhadap keselamatan sebagai siapa pun, dan dia mengerti bahwa itu bukan perilaku yang pantas, dan kau tidak akan melihatnya lagi," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine. (din/age)