Boeing Akan Perbarui Software 737 Max 8

eks, CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 10:37 WIB
Boeing Akan Perbarui Software 737 Max 8 Boeing 737 Max 8 yang digunakan oleh Ethiopian Airlines yang jatuh (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boeing menyebut akan melakukan pembaruan software untuk pesawat 737 MAX 8 dalam beberapa minggu mendatang. Pernyataan ini dikeluarkan beberapa jam setelah AS meminta perusahaan itu untuk memodifikasi pesawat tersebut sebelum April.

"Boeing telah bekerjasama dengan Federasi Penerbangan AS untuk mengembangkan, merencanakan, sertifikasi dari peningkatan software yang akan digunakan di seluruh pesawat 737 MAX dalam beberapa minggu mendatang," tulis pernyataan itu seperti dikutip Reuters, Senin (11/3).

Menurut Boeing, peningkatan software ini termasuk pembaruan untuk sistem manuver dan kendali sistem penerbangan, tampilan pilot, manual operasional, pelatihan kru.


Dalam pernyataannya, Boeing kembali menyebut bahwa pihaknya telah meningkatkan software kendali penerbangan untuk 737 MAX dalam beberapa bulan terakhir. Tepatnya, sejak kejadian jatuhnya pesawat Lion Air 610.

Pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh menggunakan Boeing 737 MAX 8, serupa dengan pesawat Lion Air yang jatuh di Laut Jawa.

Dalam pernyataannya, Boeing tidak menyebut hubungan antara peningkatan software ini dengan tragedi jatuhnya pesawat Etiopian Airlines yang menewaskan 157 orang itu. Meski demikian, Boeing menyampaikan duka cita kepada para keluarga korban.

Kecelakaan Ethiopia Airlines itu menyebabkan sejumlah negara melakukan penghentian penerbangan untuk pesawat Boeing tipe 737 Max 8. Ethiopia, China, Afrika Selatan, Pulau Cayman dan Indonesia adalah negara yang melakukan penghentian tersebut.

Sementara negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara Timur Tengah, tetap menerbangkan pesawat tersebut.

Boeing 737 Max adalah generasi keempat dari Boeing 737. Tipe pesawat ini merupakan pesawat paling laris dari Boeing. Saat ini terdapat 350 737 Max 8 yang terbang di seluruh dunia dari total 5.011 pesawat yang dipesan. (eks/eks)