Apple Diperkirakan Umumkan Layanan Pesaing Netflix Bulan Ini

eks, CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 15:55 WIB
Apple Diperkirakan Umumkan Layanan Pesaing Netflix Bulan Ini Ilustrasi (REUTERS/Shannon Stapleton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple diperkirakan akan mengumumkan soal layanan streaming televisi dan video miliknya pada 25 Maret mendatang. Layanan ini akan menjadi langkah Apple untuk menyaingi Netflix yang sudah lebih dulu menyediakan layanan serupa.

Hal ini diungkap dari undangan yang disebar ke wartawan. Dalam undangannya, Apple tidak memberikan keterangan spesifik tentang acara yang akan diadakan alih-alih hanya menulis "It's show time" (saatnya pertunjukan), seperti dilaporkan Reuters.

Sumber Reuters di Apple menyebut kalau perusahaan itu berencana untuk meluncurkan layanan streaming televisi pada April. Apple kerap meluncurkan produk dan layanan beberapa minggu setelah mereka melakukan pengumuman.


Apple telah lama diindikasikan untuk meluncurkan layanan streaming video dan televisi ini. Apple telah menghabiskan US$2 miliar di Hollywood untuk memproduksi konten mereka sendiri. Apple juga telah membuat kesepakatan dengan sejumlah bintang seperti Oprah Winfrey misalnya.

Selain menawarkan konten orisinal, layanan ini juga diperkirakan akan menjual konten dari CBS, Viacom, dan Lions Gate, seperti disebutkan sumber Reuters.

Layanan televisi ini diperkirakan akan meluncur secara global. Saat ini Apple App Store sendiri tersedia di 100 negara. Layanan ini menjadi harapan pendapatan Apple berikutnya. Terutama setelah laporan keuangan tahunan Apple yang menunjukkan pertumbuhan yang tidak menggembirakan dari penjualan perangkat kerasnya.

Ben Bajarin, analis dari Creative Strategies, menyebut acara Apple ini sepertinya tidak akan fokus pada peluncuran perangkat keras. Sebab, ada kemungkinan Apple meluncurkan Apple TV atau iPad mereka.

Apple telah melakukan perubahan besar dalam distribusi layanannya. Sebab, beberapa waktu lalu, perusahaan itu juga mengumumkan bahwa layanan Apple Music mereka bisa dijalankan di smart speaker milik kompetitornya, Samsung dan Amazon.

[Gambas:Video CNN] (eks/eks)