Jokowi Dinilai Kurang Perhatikan Dunia Modifikasi Mobil

ray, CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 18:00 WIB
Jokowi Dinilai Kurang Perhatikan Dunia Modifikasi Mobil Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019 akan digelar di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa waktu terakhir sangat dekat dengan dunia modifikasi roda dua, namun tidak untuk kategori roda empat. Kondisi ini menjadi sorotan bagi pelaku industri modifikasi roda empat HIN Promosindo, penyeleggara pameran modifikasi roda empat, Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019.

Chief Executive Officer PT HIN Promosindo, Reza Aliwarga menilai Jokowi kurang memperhatikan dunia modifikasi roda empat yang sebenarnya punya potensi seperti dunia modifikasi roda dua.

Reza mengatakan calon presiden nomor urut 01 itu lebih banyak membahas modifikasi 'si kuda besi'. Dikatakan Reza, Pak Jokowi 'jangan berat sebelah' dan industri otomotif juga dukungan dari semua pihak, termasuk pemimpin negeri.


"Mungkin kalau mobil yang kami tahu sama-sama belum pernah denger (Jokowi dekat dengan modifikasi mobil). Karena mungkin mereka (Jokowi) sukanya modifikasi motor. Mudah-mudahan mobil modifikasi juga dilirik ya," kata Reza di Jakarta, Selasa (12/3).

Menurut Reza, kategori kendaraan mobil atau motor, pada akhirnya tetap sama, yaitu memajukan aftermarket otomotif atau industri modifikasi nasional.

"Sama-sama ikut memajukan industri otomotif khususnya modifikasi. Mau motor atau mobil, sama-sama modifikasi kok," ucap Reza.

Presiden Joko Widodo 'mendadak otomotif' terhitung sejak awal 2018. Orang nomor satu di Tanah Air tersebut seakan tak pernah absen dari pameran otomotif, termasuk modifikasi roda dua.

Bahkan, mantan Walikota Solo ini membeli dua motor custom dengan aliran chopper yang juga sempat digunakan sebagai kendaraan dinas. Satu motornya berbasis Royal Enfield Bullet 350 dan satunya lagi Kawasaki W175.

IAM MBtech 2019

Indonesia Automodified (IAM) MBtech akan hadir di 14 kota Indonesia. Pameran akan dimulai pada 23-24 Maret, dimulai dari Tunjungan Plaza Surabaya, dan berakhir di Ancol, Jakarta pada 23-24 November.

Sebelum mulai diselenggarakan di Indonesia, IAM MBtech 2019 sudah lebih dulu digelar di Bangkok pada 15-17 Februari.

"Seri Indonesia Automodified tahun ini akan kembali mendapat dukungan utama dari MBtech, Astra Daihatsu Motor, yang sejak 2014 bersamaan dengan Indonesia Automodified menyelenggarakan kompetisi modifikasi Sirion Dress-up Challenge (2014-2016) dan Daihatsu Dress-up Challenge (2017- sekarang)," tutup Reza. (ryh/mik)