Microsoft Gelar Tes Agar Aplikasi Android Bisa Jalan di PC

eks, CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 09:57 WIB
Microsoft Gelar Tes Agar Aplikasi Android Bisa Jalan di PC Ilustrasi. Saat ini pengetesan baru bisa dilakukan dengan PC yang mendukung Bluetooth LE seperti Microsoft Surface Go misalnya (Microsoft Corp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Microsoft tengah mengetes aplikasi Your Phone untuk Windows 10. Dengan aplikasi ini, nantinya pengguna bisa memainkan aplikasi Android di PC mereka. Caranya dengan melakukan mirror ke laptop atau desktop yang menjalankan Windows 10

Dengan mirroring ini, Windows akan menampilkan aplikasi yang ada di ponsel Android tersebut secara terpisah di layar PC. Untuk menggunakan aplikasi, pengguna tinggal menyentuh aplikasi yang diinginkan dan mereka akan tampil pada remote session di PC.

Namun, Microsoft membatasi ponsel yang bisa digunakan untuk tes ini. Tes hanya bisa dilakukan dengan perangkat Samsung Galaxy S8, S8 Plu, dan S9 Plus. Namun, menurut perusahaan itu jumlah ponsel yang bisa ikut melakukan pengetesan akan terus ditambah.


Selain itu, agar fitur ini bisa digunakan PC yang digunakan pun mesti mendukung koneksi Bluetooth dengan mode Low Energy (Bluetooth LE/ Bluetooth 4.0) Peripheral.

PC pun harus sudah menggunakan Windows 10 versi terbaru. Saat ini, pengetesan baru bisa dilakukan dengan notebook Surface Go. Microsoft juga memberikan panduan apakah laptop pengguna mendukung Bluetooth LE atau tidak pada situsnya ini.

Sebelumnya, Microsoft telah mengumumkan aplikasi ini saat mengumumkan Surface anyar pada Oktober lalu. Namun saat itu, Microsoft hanya menyebut kalau fitur ini pengguna bisa membalas pesan dan melihat notifikasi yang muncul di Android pada PC mereka, seperti dikutip 9to5Google.

Selain Microsoft, sebelumnya Dell juga sudah mencoba untuk membawa aplikasi Android ke PC mereka lewat software Dell Mobile Connect.

Saat ini, Your Phone tidak mendukung Windows 10 untuk versi yang lebih lama, seperti dilansir The Verge. (eks/eks)