Gmail dan Google Drive 'Down'

eks, CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 10:20 WIB
Gmail dan Google Drive 'Down' Ilustrasi (Dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gmail dan Google Drive dilaporkan tengah down atau layanannya tidak dapat digunakan di beberapa negara di dunia, Indonesia salah satunya.

Bukan hanya di Indonesia, kasus ini rupanya juga terjadi di beberapa negara lain seperti Australia dan Selandia Baru seperti dilaporkan @ReportOutage, akun yang kerap melaporkan kejadian tidak bisa diaksesnya suatu website. Dalam laporannya, masalah ini dideteksi muncul sejak pukul 10:08 WIB.

Dalam cuitannya ia menyertakan foto yang menunjukkan layanan ini juga tak bisa diakses di sejumlah wilayah di Amerika Serikat, Turki, dan beberapa negara di Eropa Barat.




Netizen lain melaporkan juga peta matinya layanan Gmail ini dengan Jepang sebagai wilayah yang terdampak paling buruk.

Google G Suite Status Dashboard juga ikut mengonfirmasi adanya masalah pada layanan Gmail dan Google Drive miliknya. Dua layanan itu berubah warna menjadi oranye yang menjadi tanda adanya gangguan layanan. 

Beberapa netizen mengungkap kalau mereka kesulitan untuk mengirim surel dan menyimpan di Google Drive, seperti diungkap pengguna @ariesrusli.

"Saya mengalami masalah mengunduh lampiran di Gmail, (Google) Drive...Apakah ada masalah di Google?," cuitnya.



Berdasarkan pengamatan CNNIndonesia.com, layanan Google Drive hanya bisa menampilkan thumbnail dokumen pada Drive, namun tak bisa mengunduh file tersebut. Untuk Gmail, fungsi pengiriman email mengalami masalah.

Selain Aries, akun @FirliSucia dan @iyakbole juga mengeluhkan hal serupa.





Pengguna @ArikOfficialNY dari Amerika Serikat pun malaporkan hal serupa.

"Akun Gmail saya tidak bekerja. "Oops ada yang bermasalah". "Pesan tidak bisa dikirim," cuitnya.



Pada 2016 kasus serupa pernah terjadi. Saat itu Gmail tak bisa diakses di Inggris, Amerika Serikat, dan menyebar ke seluruh dunia. (eks/eks)