Komunitas Otomotif

Komunitas Cengkir Klopo Jelajahi Keindahan Alam Jawa Tengah

CNN Indonesia | Jumat, 15/03/2019 19:03 WIB
Komunitas Cengkir Klopo Jelajahi Keindahan Alam Jawa Tengah Cengkir Klopo merupakan komunitas Harley Davidson yang diresmikan awal 2019. (Foto: Dok. Cengkir Klopo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komunitas sepeda motor kerap menghabiskan waktu dengan touring atau menempuh perjalanan jauh untuk menghabiskan waktu senggangnya. Dari situ tercipta keakraban sesama member yang diharapkan bisa membangun 'keluarga' dalam satu komunitas sesama penyuka 'kuda besi'.

Kondisi ini yang tergambar pada komunitas Harley Davidson Cengkir Klopo. Sekelumpulan anak muda yang menggemari sepeda motor besar atau 'moge' ini baru saja menyelesaikan touring perdana dari Jakarta menuju Yogyakarta yang digelar pada pekan lalu.

Sebanyak 20 pengguna motor Harley-Davidson (Harley Davidson Road Glide, V-Rod, Softail, Road King, Ultra, Fat Boy, Sportster, Electra) dan BMW melakukan perjalanan ini dengan mengangkat tema "Explore Central Java Cengkir Klopo Goes to Central Java".


Rombongan menempuh jarak sekitar 550 km perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta.Rombongan menempuh jarak sekitar 550 km perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta. (Foto: Dok. Cengkir Klopo)
Jika ditotal mereka menempuh jarak sekitar 550 km perjalanan dari Jakarta melewati Pacitan-Tawangmangu-Cemoro Sewu-Gempolan, Sragen dan berakhir di Jogja. Perjalanan ini menghabiskan waktu empat hari tiga malam.

Selama dalam perjalanan rombongan menikmati keindahan alam yang menjadi penyemangat mereka melakukan kegiatan seperti itu.

"Kami bermaksud mengeksplor keindahan alam jalur Jogja, Pacitan, Tawangmangu, Sragen. Spot alam masih asri, jalanan bagus sepi dengan jalur luar biasa indahnya," kata Joksam.

Joksam mengatakan harapan ke depan untuk komunitasnya yang baru berusia 'seumur jagung' ini dapat terus membuat program-program menarik, khususnya untuk memajukan wisata alam di Indonesia.

Komunitas ini beranggotakan dari Jakarya, Surabaya, dan Yogyakarta.Komunitas ini beranggotakan dari Jakarya, Surabaya, dan Yogyakarta. (Foto: Dok. Cengkir Klopo)
"Jadi tidak perlu keluar negeri. Di Indonesia masih banyak tersimpan 'mutiara alam' yang indah bisa menjadikan jalur touring para bikers Indonesia atau luar negri," ucap Joksam.

Diakui Joksam, ada alasan penamaan komunitas Cengkir Klopo. Nama 'unik' tersebut terinspirasi cafe milik Joksam yang berlokasi di Sragen.  Cengkir Klopo merupakan komunitas pemilik Harley-Davidson yang anggotanya berdomisili di Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Saat ini sudah ada 20 member anggota Cengkir Klopo sejak diresmikan pada awal 2019. (ryh/mik)