NASA Rilis Foto Terakhir dari Opportunity Sebelum Tutup Usia

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 10:07 WIB
NASA Rilis Foto Terakhir dari Opportunity Sebelum Tutup Usia Foto terakhir yang diabadikan oleh rover Opportunity. (Foto: Dok. NASA via www.nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto terakhir yang dibadikan oleh robot penjelajah MarsOpportunity sebelum dinyatakan mati total pada 13 Februari lalu.

Dalam foto yang dibadikan, Opportunity mendokumentasikan pemandangan 360 derajat dari tempatnya terakhir bermukim di lembah Perseverance. Tampak sebuah palung dangkal yang menurun ke arah timur sejauh jarak dua lapangan bola dari arah barat kawah Endeavor.

Foto panorama tersebut diambil dengan reka warna untk membantu peneliti mengidentifikasi material-materaial tanah yang berbeda.


Manajer proyek Opportunity John Callas mengatakan foto panorama yang dikirim robot penjelajah Mars tersebut mewakili pencapaian brilian dari misi eksplorasi serta temuan yang dicapai selama 15 tahun terakhir.

"Di sisi kanan tengah, Anda bisa melihat pinggiran kawah Endeavor yang menjulang di kejauhan. Arah kiri, dapat dilihat jejak akses Opportunity dimana para peneliti kami berniat untuk mendekati fitur-fitur geografis dan melakukan penelitian. Ujung kiri dan kanan adalah dasar lembah, serta lantai kawah, menunggu untuk dijelajahi," imbuh Callas lewat situs resmi NASA.

NASA Rilis Foto Terakhir dari Opportunity Sebelum Tutup UsiaFoto terakhir yang diabadikan robot Opportunity. (Dok. NASA via www.nasa.gov)
Gambar panorama tersebut terdiri dari 354 gambar individual yang diambil dari 13 Mei hingga 10 Juni, 2019 atau dalam penanggalan Mars terhitung sejak 5084 sols hingga 5111 sols.

Foto tersebut mengombinasikan gambar yang diambil dari 3 filter berbeda yang menjangkau pusat sinar hingga panjang gelombang 753 nanometer (mendekati infrared). Filter lainnya tercatat mengambil 535 nanometer gelombang (hijau), dan 432 nanometer (violet).

Beberapa foto tampak tidak berwarna karena saat itu matahari tertutup debu sehingga tidak memberikan cukup waktu bagi Opportunity untuk merekam dengan filter hijau dan violet. Data yang dikirimkan juga termasuk gambar buram kondisi langit di hari terakhir Opportunity beroperasi, serta data noise terakhir berupa langit yang tampak kian gelap.

Sebelumnya NASA menyatakan misi Opportunity berakhir pada 13 Februari lalu setelah menghuni Mars selama 15 tahun. Periode tersebut melewat ekspektasi yang diperkirakan peneliti sebelumnya.

Robot penjelajah Opportunity berkontrbusi dalam pemahaman mengenai geologi dan lingkungan Planet Merah. Data yang dikirim menjadi fondasi untuk desain robotik masa depan, termasuk rencana misi koloni manusia di Mars. (lea/evn)