Kominfo Ingatkan Literasi Digital Jelang Palapa Ring Rampung

CNN Indonesia | Sabtu, 23/03/2019 02:31 WIB
Kominfo Ingatkan Literasi Digital Jelang Palapa Ring Rampung Menkominfo Rudiantara. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengingatkan agar pemerintah daerah (Pemda) yang dilalui pembangunan infrastruktur kabel optik Palapa Ring  gencar melakukan edukasi dan literasi digital.

Hal ini diungkapkan mengingat Palapa Ring Timur diproyeksikan rampung pada Juni 2019. Begitu infrastruktur Palapa Ring usai, seluruh kabupaten di seluruh Indonesia akan merasakan internet cepat

Rudiantara mengkhawatirkan adanya perubahan nilai budaya akibat masuknya jaringan internet kecepatan tinggi. Oleh karena itu, ia mengingatkan Dinas Sosial Pemda setempat bisa melakukan edukasi dan literasi digital.


"Jangan sampai nanti begitu internet kencang, ada cultural shock. Yang tidak biasa gunakan internet,  dia bisa dapat budaya macam-macam," ujarnya dalam konferensi pers Palapa Ring Techno Fest di Kantor Kemkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Lebih lanjut Rudiantara juga mengatakan akses internet ini jangan dimanfaatkan untuk menyebarkan berita hoaks.  Internet bagi Rudiantara harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif.

"Kita manfaatkan semua ini media sosial dan lainnya tidak untuk menyebarkan hoaks. Bahkan kita harus memerangi hoaks," ucapnya.

Rudiantara mengatakan Pemda setempat juga bisa memanfaatkan internet dalam proses perekrutan pegawai.  Pasalnya rekam jejak digital seseorang terlihat jelas di media sosial.

"Jadi di pemda nanti kalau rekrut pegawai, minta akun media sosialnya. Nanti ketahuan rekam jejaknya, selama ini postingannya negatif atau positif. Tentu kita tidak ingin merekrut orang  yang sering posting hal-hal negatif," ungkapnya. (jnp/evn)