5 Gim 'Baku Tembak' Serupa PUBG

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 12:52 WIB
5 Gim 'Baku Tembak' Serupa PUBG Ilustrasi gim PUBG. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gim PlayerUnknown's Battlegrouds (PUBG) merupakan salah satu gim bergenre battle royale terpopuler bersama Fortnite dan Free Fire saat ini. PUBG semakin menjadi bahan pembicaraan ketika disebut-sebut menjadi inspirasi bagi pelaku penembakan dua masjid di Selandia Baru.

Pada Januari 2019, PUBG mengumumkan memiliki 400 juta pemain di seluruh dunia di Windows, Playstation 4, dan Xbox, Android. PUBG memiliki lebih dari 227 juta pengguna bulanan.

Game battle-royale baku tembak ini tak hanya PUBG. Lantas apa saja gim baku tembak yang serupa dengan PUBG? CNNIndonesia.com merangkum gim yang mirip dengan PUBG.


Free Fire

Free Fire merupakan gim batte-royale baku tembak yang populer di Asia. Serupa dengan PUBG, gim ini dimainkan oleh 50 pemain dalam satu sesi gim berdurasi 10 menit. Map akan mengecil seiring dengan berjalannya waktu.

Free Fire diterbitkan oleh Garena yang notabene merupakan platform gaming raksasa di Asia. Saat ini Free Fire telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Playstore dan memiliki rating konten 16+.

Point Blank: Strike

Point Blank merupakan nama yang tidak asing bagi para penggemar gim first-person shooter (FPS) di PC. Senjata legendaris submachine gun Kriss SV terbayang ketika mendengar kata Point Blank.

Perusahaan gim daring asal Korea Selatan, Nexon menjadi biang keladi hijrahnya Point Blank ke platform Android dan iOS. Point Blank: Strike telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating konten 12+.

CrossFire Legend

Waralaba CrossFire telah dikenal sejak 2007 silam. Tencent pada Mei 2018 memboyong CrossFire ke platform Android. Gim ini mengusung genre first-person shooter (FPS). Mode klasik PvP 5v5 dihadirkan dalam game.

Mode klasik Pvp 5v5 ini dihadirkan dengan format team death match (TDM) atau Demolition (mengebom markas atau lokasi tertentu). Gim ini juga menyertakan mode battle royale ala PUBG dan Fortnite. Saat ini gim telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google PlayStore dan memiliki rating konten 16+.

Rules of Survival

Sebelum kehadiran PUBG, Rules of  Survival merupakan game bergenre batte royale yang hadir pada 2017 di perangkat ponsel pintar. Gim yang dipublikasikan oleh NetEase ini dapat menampung maksimal 120 pemain dalam satu sesi gim.

Medan pertempuran sangat luas menyebabkan para pemain disarankan harus segera menggunakan kendaraaan. Dalam pertempuran battle-royale ini, Rules of Survival menyiapkan mode solo, duo atau squad. Game telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating konten 16+.

Survivor Royale

Sama dengan Rules of Survival, Survivor Royal juga dipublikasikan oleh NetEase. Dalam gim ini terdapat safe circle yang ssemakin mengecil serigin berjalannya waktu. Apabila pemain tidak dapat mencapai zona aman tersebut, maka health point pemain akan semakin berkurang dan akan mati apabila tak kunjung mencapai zona aman.

Yang unik dalam game ini adalah keberadaan mode Firework Night. Senjata kembang api hanya bisa digunakan dalam mode ini. Survior Royale telah diunduh lebih dari lima juta kali dan memiliki rating konten 16+.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)