Mengulik Pembuatan Bulir-bulir Salju di Trans Snow World

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/03/2019 15:54 WIB
Mengulik Pembuatan Bulir-bulir Salju di Trans Snow World Snow Area Playground, tempat bermain salju bersama keluarga di Trans Snow World, Bekasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Trans Snow World bakal resmi dibuka untuk publik pada Senin (25/3). Berlokasi di Transpark Juanda, Bekasi, wahana wisata salju pertama di Indonesia itu siap memanjakan Anda dengan bulir-bulir saljunya yang dingin.

Namun, tentu bulir-bulir itu bukan salju sungguhan. Iklim tropis tak memungkinkan Indonesia mengalami musim salju. Bongkahan es itu dibuat dengan menggunakan alat-alat khusus agar hasilnya benar-benar menyerupai salju yang asli.

CEO Hospitality & Entertainment Group CT Corps, Dony Oskaria mengatakan, salju diperoleh dengan proses panjang menggunakan mesin. Mesin peracik salju itu diimpor langsung dari Jerman.



Ada pula mesin integrator dan alat pembuat hujan salju yang diboyong langsung dari Italia dan Jepang.

"Jadi memang ini yang terbaik. Kami impor semua, tapi tetap mengandalkan tenaga lokal," ujar Dony di Trans Snow World, Transpark Juanda, Bekasi, Minggu (24/3).

Agar salju terbentuk, air yang digunakan sebagai bahan dasar tak bisa sembarangan. Dony menyebut, air harus dalam kondisi steril sebelum masuk ke mesin.

"Ini memang air yang sangat bersih dan diolah. Kemudian pakai softener, terus masuk ke mesin. Jadi seperti salju dan halus sekali," ujar Dony.

Tak cuma itu, suhu ruangan dalam area wisata juga dijaga agar es tak cepat mencair. Dalam jam operasional, suhu dalam area mencapai 10-15 derajat Celcius.

Jika salju mendadak mencair, air akan langsung masuk ke saluran pembuangan. Tak langsung dibuang, sebab air bekas salju akan kembali diolah untuk kemudian digunakan kembali di Trans Snow World.

Nggak perlu ke luar negeri untuk merasakan salju, cukup ke Bekasi dan pilih jam bermainmu di www.transsnowworld.com. (ryh/asr)


ARTIKEL TERKAIT