LAPORAN DARI TURKI

Jam Tangan Pintar Samsung Makin Modis, Tapi Boros Baterai

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 08:00 WIB
Jam Tangan Pintar Samsung Makin Modis, Tapi Boros Baterai Jam tangan pintar anyar Samsung, Galaxy Watch Active (CNNIndonesia.com/Agustiyanti)
Istanbul, CNN Indonesia -- Setelah merilis smartphone seri Galaxy S10 akhir bulan lalu, Samsung berencana menjual dua wearable device-nya, Galaxy Watch Active dan Galaxy Buds yang merupakan pelengkap seri ponsel flagship tersebut pada akhir bulan ini.

Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqon menjelaskan kedua produk ini tak hanya unggul dari sisi desain dan fitur, tetapi juga dalam hal ekosistem dibanding produk pendahulunya. Ekosistem yang lebih baik antara lain diwujudkan dengan kemampuan ponsel seri Galaxy S10 untuk mengisi daya dua wearable device tersebut.

CNNIndonesia.com pun berkesempatan untuk menjajal Galaxy Watch Active dan Galaxy Buds dalam Media Experence Galaxy S10 di Bursa dan Istanbul Turki pada pekan lalu. Mari kita bahas satu per satu.


Galaxy Watch Active

Jam Tangan Pintar Samsung Makin Modis, Tapi Boros BateraiSamsung Galaxy Watch Active (CNNIndonesia.com/Agustiyanti)
Dari segi tampilan, Galaxy Watch Active lebih modis dibandingkan seri pendahulunya. Selain itu, jam tangan ini juga lebih tipis dan ringan. Di Indonesia, jam tangan pintar ini akan dijual dalam tiga warna, yakni putih, hitam, dan rose gold.

Meski lebih tipis dan ringan, Samsung menekankan jam tangan ini tetap kuat karena menggunakan bahan baku setara dengan baja yang biasa digunakan untuk produk militer (military grade).

Smartwatch ini juga memiliki fitur baru seperti pemantau tekanan darah, pengelola stres, hingga kemampuan melacak aktivitas yang lebih baik. Pemantau tekanan darah dapat digunakan dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi My BP Lap.

CNNIndonesia.com mencoba untuk mengecek tekanan darah menggunakan Galaxy Watch Active dan alat pengecek tekanan darah digital. Hasilnya, tak berbeda jauh.

Selain itu, Smartwatch ini juga memiliki fitur pengelola stress. Jika jarum menunjukkan tingkat stress penggunanya cukup tinggi, jam tersebut akan menyarankan penggunanya untuk mengatur pernafasan. Saat menjajal, tingkat stress pada jam akan meningkat saat melakukan aktivitas seperti lari atau berjalan cepat.

Galaxy Watch Active juga disebut memiliki kemampuan melacak aktivitas yang lebih baik. Samsung bahkan mengklaim jam ini mampu mencatat sejumlah aktivitas, seperti berlari tanpa harus mengaktifkan mode terlebih dahulu pada jam tersebut.

Sayang daya baterai ini tak terlalu bertahan lama. Saat CNNIndonesia.com menggunakan Galaxy Watch Active sehari penuh, baterai jam ini hanya tersisa sekitar 30 persen. Di Indonesia, perangkat ini akan dibanderol seharga Rp 3.499.000. 


Galaxy Buds
Jam Tangan Pintar Samsung Makin Modis, Tapi Boros BateraiSamsung Galaxy Buds (Samsung)

Galaxy Buds diklaim Samsung mengalami peningkatan performa yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya Galaxy IconX. Wireless earphone ini didukung AKG sehingga kualitas suara lebih maksimal dan jernih.

Saat digunakan Galaxy Buds ini cukup nyaman dan tak terasa mengganjal di telinga, suara yang dihasilkan juga terdengar jernih. Selain itu, terdapat equalizer yang tersedia di aplikasi. Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki mode bass boost atau trable boost yang menghasilkan suara musik sangat baik.

Galaxy Buds juga memiliki ambient sound (suara sekitar) yang memungkinkan pengguna tetap mendengar suara di sekitar saat menggunakannya. Dengan demikian, saat mendengar suara musik, CNNIndonesia.com tetap bisa mendengarkan pengumuman saat menggunakan transportasi publik. Galaxy Buds akan dibanderol Rp 1.899.000 di Indonesia.  (agi/eks)