Twitter Catat 1,1 Juta Cuitan Saat Debat Pilpres Keempat

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 12:30 WIB
Twitter Catat 1,1 Juta Cuitan Saat Debat Pilpres Keempat Suasana debat keempat Pilpres 2019. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan mikroblogging Twitter mencatat 1,1 juta cuitan terkait debat pilpres 2019 keempat antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang diselenggarakan Sabtu (30/3). Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB dengan lebih dari 167 ribu cuitan per menit.

Selama debat berlangsung, sejumlah tagar mewarnai linimasa dan percakapan di Twitter. Bukan hanya percakapan terkait debat dan respons kedua kandidat, netizen juga berbagi cuitan ringan yang mengundang tawa.

Dalam keterangan resmi, Twitter juga mencatat pengguna Indonesia menggunakan fitur Twitter Poll untuk melakukan jajak pendapat terkait debat dan kandidat nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto.


Sejumlah tagar yang sempat muncul antara lain #DebatPilpres2019, #DebatKeempatCapres2019, #PemerintahanDilan, hingga #PrabowoBentengNKRI.

Netizen juga ramai memperbincangkan jurus andalan Jokowi terkait pemerintahan Dilan (Digitalisasi dalam Pelayanan atau Digital Melayani).

Tak hanya itu, netizen juga menyinggung pernyataan Prabowo yang mengaku tidak masalah menggunakan teknologi lama namun kekayaan dalam negeri tidak hilang ke luar negeri.

Selain mencuri perhatian di Indonesia, Twitter juga mencatat debat pilpres keempat mencuri perhatian pengguna di seluruh dunia.

Dalam peta interaktif yang dirilis, debat Pilpres 2019 keempat juga mencuri perhatian pengguna Twitter di sejumlah negara Asia, Eropa, hingga Amerika.

Debat Pilpres berikutnya diagendakan akan diselenggarakan pada Sabtu (13/4) mendatang. Sementara proses pemilihan suara akan berlangsung pada Rabu (17/4). (evn)