Janji Luhut ke Startup Kemaritiman di Thinkubator

CNN Indonesia | Kamis, 28/03/2019 15:32 WIB
Janji Luhut ke Startup Kemaritiman di Thinkubator Luhut B. Pandjaitan berjanji akan mengakomodasi startup di bidang kemaritiman apabila berhasil masuk ke enam besar dalam acara pencarian startup Thinkubator. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan berjanji akan mengakomodasi  startup di bidang kemaritiman apabila berhasil masuk ke enam besar dalam acara pencarian startup Thinkubator.

Janji ini diungkapkan Luhut dalam acara Thinkubator Conference dan Startup Competition untuk mencari startup untuk menjadi Decacorn di masa depan.

"Saya janji ke Anda begitu Anda menang, nanti nomor ke sekian pasti akan akomodasi dan saya ingin lihat. Masa depan dari kalian," kata Luhut saat memberikan sambutan dalam acara Thinkubator di Kota Kasablanka, Jakarta, pada Kamis (28/3)


Acara ini diikuti oleh 1.165 startup dari seluruh Indonesia, dan disaring menjadi 150. Dari 150 entitas kemudian terpilih enam finalis.

Enam finalis itu akan memaparkan bisnis mereka di depan panel profesional seperti Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya, Direktur Eksekutif Kustodian Sentral Efek Indonesia Frederica Widyasari Dewi, dan pemilik CT Corp Chairul Tanjung.


Luhut mengatakan saat ini bidang kemaritiman Indonesia memiliki potensi besar yang bisa digarap oleh startup.

"Kita negara maritim terbesar di dunia. Kita baru delapan persen hingga sembilan persen mengelola kawasan maritim kita. Kalian punya peran main di sini (maritim) jadi perusahaan startup untuk ini sangat berguna," kata Luhut.

Luhut kemudian menceritakan keberhasilan Farid Naufal Aslam yang mendirikan startup Aruna. Luhut mengatakan Aruna sudah bisa menyentuh nilai jutaan dollar.

"Sekarang sudah tercapai kalau tidak salah US$5 juta itu valuasinya," kata Luhut.

Babak final Thinkubator akan disiarkan langsung di Trans TV pada Jumat (29/3), pukul 20.00 WIB. Ridzki menambahkan program Thinkubator terjadi pertama kali di Indonesia. Di masa mendatang, Thinkubator juga akan diselenggarakan di Asia Tenggara. (jnp/asa)