FOTO: Melihat Daur Ulang Sampah Plastik

CNNIndonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 14:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sampah dan botol plastik diduga menjadi polutan terbesar yang mencemari laut dan pantai. Sementara itu, konsumsi plastik masyarakat terus meningkat.

Setiap tahun, delapan juta ton sampah plastik dibuang ke lautan dunia dan berpotensi masuk dalam rantai pasokan makanan manusia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Setiap tahun, delapan juta ton sampah plastik dibuang ke lautan dunia dan berpotensi masuk dalam rantai pasokan makanan manusia. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Sampah dan botol plastik diduga menjadi polutan terbesar yang mencemari laut dan pantai. Setiap tahun, diperkirakan lautan di dunia harus menanggung beban sampah plastik sampai 12,7 juta ton. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Industri daur ulang di Indonesia menyatakan kesiapannya menampung sampah botol plastik. Sampah tersebut dinilai masih memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, karena dapat didaur ulang menjadi produk lain. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Sohib (41) mengaku telah bekerja selama 20 tahun menjadi pekerja diindustri pengolahan limbah plastik. Dari pekerjaan tersebut dirinya mendapat penghasilan 800 ribu per minggu. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Untuk memilah tutup, biasanya dilakukan oleh pekerja wanita, dengen tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Memilah tutup botol biasanya dihargai Rp600 per kg. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Data Asosisasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), industri daur ulang plastik saat ini berkembang pesat terutama untuk jenis plastik yang memiliki nilai ekonomis seperti Polyethylene Terephthalate (PET) dan Polypropylene (PP). (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Menurut Ketua Umum ADUPI Christine Halim, potensi bisnis daur ulang plastik cukup besar. Tahun lalu, dari konsumsi plastik sekitar 3-4 juta ton per tahun, bisnis daur ulang bisa mencapai 400.000 ton per tahun. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Hasil daur ulang botol plastik utamanya adalah plastik cacahan, yang selanjutnya menjadi bahan baku untuk produk peralatan rumah tangga dan lainnya. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.