Pola Belanja Online Saat Ramadan Versi Blibli

CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 02:10 WIB
Pola Belanja <i>Online</i> Saat Ramadan Versi Blibli Ilustrasi kesibukan di salah satu gudang e-commerce. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Growth Marketing Senior Manager, Blibli.com Tabah Yudhananto mengklasifikasi tren belanja konsumen di platform-nya saat masa Ramadan ke dalam tiga periode.

Periode pertama yakni saat awal Ramadan, jauh sebelum memasuki Lebaran. Pada periode pertamakonsumen cenderung membeli bahan-bahan makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Alat-alat untuk membuat makanan juga diminati oleh konsumen.

"Kalau sebelum Ramadan itu sendiri, kita melihat trennya lebih banyak ke persiapan untuk sahur dan berbuka. Jadi biasanya lebih ke makanan frozen atau peralatannya seperti penanak nasi, microwave, dan kulkas," kata Tabah di Jakarta, Rabu (27/3).


Memasuki periode kedua, Blibli memasuki masa-masa Lebaran. Tepat sepekan jelang Lebaran produk-produk fesyen muslim mulai diminati konsumen.

"Belum Ramadan itu sudah mulai itu baju-baju, terutama mukena untuk salat tarawih dan hijab. Baju koko itu sangat tinggi juga untuk tarawih atau saat Hari Lebaran," ucapnya.

Pada periode ketiga merupakan momen ketika masyarakat menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pada periode ini, produk-produk elektronik mulai diserbu konsumen.

"Produk elektronik segala macam juga meningkat. Kalau ponsel itu pas THR cair yang meningkat," tandasnya.

Sementara dari sisi traffic kunjungan, Tabah menjelaskan puncak jal beli di platform Blibli terjadi saat THR cair. Tabah mengatakan ketika THR cair, konsumen memiliki daya beli yang berlebih. Tak hanya membeli ponsel, produk-produk fesyen juga diincar oleh konsumen.

"Kalau Ramadhan sendiri paling puncaknya pas THR sebetulnya, masa-masa udah THR. Biasanya 10 hari atau 14 hari sebelum Lebaran," ujar Tabah. (jnp/evn)