Esemka dan Pindad Rancang Mobil Listrik Buat Jokowi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 15:46 WIB
Esemka dan Pindad Rancang Mobil Listrik Buat Jokowi Esemka Garuda 1 yang terjepret kamera sedang diangkut di jalanan. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang persenjataan, Pindad, pernah mengkonfirmasi pihaknya diajak bekerja sama dengan Esemka untuk menggarap mobil dinas Joko Widodo (Jokowi). Informasi baru yang terkuak, mobil itu berteknologi listrik murni.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengungkap sudah ada pembicaraan terkait mobil dinas Jokowi dengan Esemka. Desain mobil yang kemungkinan akan dipakai Jokowi sehari-hari itu disebut sudah dibuat.

Abraham menjelaskan desain belum sampai ke tahap prototipe. Proyek dikatakan sempat tertunda dan hingga kini belum ada diskusi baru soal kelanjutannya.


"Akhirnya kan, karena sudah sempat ramai dan kita belum lanjut lagi. Pihak Esemka juga belum bicara lagi dengan kita untuk kelanjutan produksi untuk mobil pak presiden itu," kata Abraham kepada CNNIndonesia.com, Senin (1/4).

Abraham memastikan desain mobil dinas buat Jokowi mengadopsi teknologi listrik murni. Meski begitu dia tidak menjelaskan lebih rinci terkait hal itu.

Pada November lalu CNNIndonesia.com mengetahui prototipe mobil dinas Jokowi berbasis SUV Esemka Garuda 1 telah selesai dikerjakan. Meski begitu dipahami mobil anti-peluru yang sudah menjalani serangkaian modifikasi eksterior dan interior itu menggunakan mesin berpembakaran dalam di bawah kap mesin.

Abraham mengungkap kendaraan listrik pertama hasil kerja sama dengan Esemka adalah pikap. Setelah itu Esemka juga sudah menyiapkan MPV dan sedan listrik.

Belum diketahui kapan Esemka akan mengumumkan secara resmi terkait hal ini. Hingga menjelang Pemilihan Presiden yang akan digelar pada 17 April nanti, nama Esemka seolah meredup.

[Gambas:Video CNN] (ryh/fea)