Gopay Kini Bisa Dipakai Beli Buah di Pasar Modern Tangerang

CNN Indonesia | Jumat, 05/04/2019 02:58 WIB
Gopay Kini Bisa Dipakai Beli Buah di Pasar Modern Tangerang Gopay bisa digunakan untuk berbelanja di Pasar Modern Tangerang. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek melakukan ekspansi layanan uang digital Gopay ke pasar Modern Town Market Tangerang. Ekspansi ini merefleksikan komitmen Gopay untuk mendorong perekonomian Indonesia dari piramida yang paling bawah.

Pengenalan layanan uang digital ini bertujuan agar pelaku usaha mikro bisa mendapatkan berbagai keuntungan dan kemudahan transaksi non tunai.

"Sejalan dengan misi untuk menjadi jembatan bagi pelaku UMKM untuk berkembang, Gopay secara konsisten menggandeng para pengusaha mikro dan memperkenalkan mereka dengan manfaat pembayaran nontunai," kata Head of Micro Merchant Regional Jabodetabek Gopay Eliawati Flavia saat ditemui di pasar  Modern Town Market Tangerang, Kamis (4/4).


Eliawati juga mengatakan pihaknya memiliki tim khusus yang berperan untuk mengedukasi pelaku UMKM di seluruh Indonesia tentang teknologi pembayaran non tunai. 

"Hal ini menjadi sangat penting bagi kami terutama mengingat bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang bahkan belum tersentuh layanan keuangan formal, " kata Eliawati.

Supervisor Modern Town Market Tangerang Fenny Kurniasih mengatakan sejak Januari 2019 ada 50 persen penjual di pasar ini sudah menggunakan Gopay. Menurutnya, penjual mendapat keuntungan berupa peningkatan pendapatan yang cukup signifikan setelah menggunakan Gopay.

Gopay Kini Bisa Dipakai Beli Buah di Pasar Modern TangerangFoto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick

"Selain pengunjung jadi lebih mudah dalam berbelanja, para pedagang juga dapat terbantu dengan pencatatan arus kas yang lebih baik dan tidak bingung dengan uang kembalian, serta meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam melayani pelanggan," kata Fenny. 

Sobirin, salah satu pemilik toko buah di Modern Town Market, Tangerang mengaku kini sekitar 80 persen transaksi di tokonya sudah menggunakan Gopay. Pemasukannya pun perlahan meningkat mulai dari lima persen hingga kini mencapai 20 persen

Menurutnya, transaksi menggunakan Gopay terhitung sangat efisien karena tidak membutuhkan uang kembalian.

"Sejak pakai Gopay transaksi pun jadi lebih cepat dan ini sangat bermanfaat ketika pasar sedang ramai-ramainya. Tapi dengan adanya Gopay, kerepotan mencari uang receh bisa diminimalisir," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pemilik toko ikan asin Umadani mengatakan ia mengalami peningkatan pemasukan yang cukup signifikan setelah menggunakan Gopay. Ia juga mengaku saat ini sudah banyak orang yang menggunakan Gopay untuk transaksi di pasar.

"Sekarang, setiap langganan saya justru saya anjurkan untuk bayar pakai Gopay. Langganan saya yang awalnya hanya ada empat yang bertransaksi pakai Gopay, sekarang sudah mencapai 40 orang," ucap Umadani. (jnp/evn)