Tips Otomotif

Mengatur Spion dan Posisi Mengemudi buat Pemula

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 07/04/2019 14:05 WIB
Mengatur Spion dan Posisi Mengemudi buat Pemula Ilustrasi mengemudi mobil. (Foto: Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada dua hal mendasar yang perlu dikerjakan sebelum mengemudi, yaitu persiapan mobil dan mengatur posisi duduk. Setiap orang bisa punya gayanya sendiri-sendiri, namun disarankan memperhatikan berbagai hal yang sudah direkomendasikan demi keselamatan dan keamanan berkendara.

Salah satu bentuk persiapan mobil yaitu mengatur spion. Hal ini penting dilakukan terutama buat pengemudi yang akan nyetir mobil baru dikenal.

Mengatur spion penting guna memangkas blind spot. Blind spot adalah area belakang yang tidak bisa dilihat pengemudi lewat spion dan perlu dipahami semakin besar dimensi mobil maka blind spot makin luas.


Di dalam situs Hyundai Indonesia disarankan mengatur spion kanan dan kiri hingga bisa melihat lebih banyak area jalan dibanding bodi belakang mobil.

Sedangkan pada spion tengah diatur sampai pandangan belakang bisa didapat hanya dengan lirikan mata. Pastikan arah spion tengah tidak terhalang jok belakang atau sandaran kepala.

Sebagai tambahan, disarankan pengemudi membiasakan diri mengecek ketiga spion dengan interval delapan sampai 10 detik sekali saat berkendara meski tak berniat berbelok sekalipun.

Posisi Duduk

Bentuk fisik seseorang berbeda-beda dan itu bisa mempengaruhi posisi mengemudi. Meski demikian satu hal yang mesti dipahami, lebih aman bila saat mengemudi posisi punggung dan pundak menempel di sandaran jok.

Agar mendapatkan posisi aman seperti itu, pengemudi perlu memanfaatkan berbagai fitur yang sudah disediakan di mobil. Misalnya mengubah sudut sandaran jok atau mengatur posisi naik-turun dan maju-mundur setir bila fitur pengaturannya tersedia.

Punggung menempel di sandaran berguna agar proses mengemudi lebih stabil, terutama saat membelok atau setir berputar. (ryh/fea)