Perjalanan Terpanjang Mobil Listrik dari Belanda ke Australia

AFP, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 04:20 WIB
Perjalanan Terpanjang Mobil Listrik dari Belanda ke Australia Seorang berkebangsaan Belanda menuntaskan perjalanan ke Australia menggunakan mobil listrik. (PETER PARKS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang berkebangsaan Belanda baru saja menuntaskan perjalanan terjauh menggunakan mobil listrik. Perjalanannya berakhir pada Minggu (7/4) di Sydney, Australia.

Mobil listrik yang dikendarai Wiebe Wakker diberi nama The Blue Bandit.

Dengan kendaraan itu ia melintasi 33 negara dari Belanda di Eropa ke Australia. Itu termasuk Turki, Iran, India, Myanmar, Malaysia, bahkan Indonesia.



Perjalanan yang dibiayai publik dari seluruh dunia itu ia tuntaskan setelah lebih dari tiga tahun. Listrik untuk mengisi ulang The Blue Bandit, makanan dan tempat tidur untuk Wakker termasuk yang dibiayai. Ia memilih rute berdasarkan tawaran yang masuk ke situsnya.

Kata Wakker, ia memutuskan melakukan perjalanan itu untuk mengubah opini dan menginspirasi orang. Ia ingin menunjukkan kelebihan mengendarai mobil listrik untuk lingkungan.

"Jika ada seseorang yang bisa menyetir ke belahan dunia lain dengan mobil listrik, maka kendaraan listrik seharusnya bisa aktif digunakan sehari-hari," ujarnya, dikutip AFP.


Wakker mengaku telah membuktikan hematnya berkendara dengan mobil listrik.

Sebelum station wagon-nya dimodifikasi menjadi mobil listrik, kata Wakker, ia akan menghabiskan 6.785 liter bahan bakar untuk menuntaskan perjalanannya.

Namun kini ia bisa menyetir sejauh 200 kilometer hanya dengan satu kali isi ulang. Kata Wakker, ia hanya menghabiskan US$300 untuk listrik, kebanyakan dipakai saat melintasi padang pasir nan terpencil di Outback, Australia sebelum ke Sydney.

Mobil listrik sendiri masih menjadi wacana di Indonesia. (rsa)