Hyundai Kesulitan Jualan Mobil Mewah di Indonesia

Febri Ardani, CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 09:20 WIB
Hyundai Kesulitan Jualan Mobil Mewah di Indonesia Logo Genesis. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak awal tahun lalu, Hyundai Mobil Indonesia (HMI) sudah terendus ingin meluncurkan merek divisi mewah Genesis di Tanah Air. Saat ini pihak HMI menjelaskan peluncuran secara resmi belum dilakukan, namun pengenalan dan penjualan telah berjalan.

Menurut pengakuan Deputi Direktur Pemasaran HMI Hendrik Wiradjaja, Genesis telah dikenalkan untuk kalangan terbatas melalui sedan menengah G80. Dia menyebut tiga unit G80 sudah dibeli konsumen di Indonesia.

Hendrik menjelaskan pihaknya saat ini sedang menunggu untuk memperkenalkan Genesis secara resmi di Indonesia. Kendala yang dihadapi saat ini yaitu soal tata cara memposisikan merek Genesis.


"Bukan tidak jadi, kita sudah kenalkan cuma tidak bisa diekspos. Ada kebijakan baru yang berlaku tahun ini, merek Hyundai tidak boleh digabung dengan Genesis," kata Hendrik kepada CNNIndonesia.com, Senin (8/4).

Genesis pada awalnya merupakan nama sedan mewah Hyundai yang diproduksi dan dipasarkan pada 2008. Nama model Genesis G80 tadinya adalah nama generasi kedua Genesis tapi kemudian diputuskan dinamakan demikian karena Hyundai mendirikan Genesis Motor pada 2015.

Genesis Motor merupakan upaya Hyundai menjadikan 'Genesis' sebagai merek tersendiri. Strategi ini bikin Genesis sebagai merek premium Hyundai seperti Lexus pada Toyota atau Infiniti pada Nissan.

Hendrik menyampaikan tadinya prinsipal mengizinkan operasi Genesis digabung bersama Hyundai. Namun akhirnya hal itu dinyatakan tidak boleh dilakukan, jadi Genesis harus punya kemasan tersendiri.

"Makanya akhirnya agak kusutlah, sementara beberapa negara seperti Singapura diizinkan. Tapi memang mereka sudah duluan [memasarkan Genesis], karena pakai regulasi yang lama. [Di Indonesia] Kalau digabung tidak diizinkan, Genesis punya regulasi tersendiri, standar tersendiri juga dan itu beda dengan standarnya Hyundai," ungkap Hendrik.

Di Indonesia HMI menjual G80 dengan pilihan mesin V6 3.378 cc bertenaga 315 tenaga kuda dan 397 Nm. Mobil ini dibekali transmisi otomatis 8-percepatan yang menyalurkan tenaga ke kedua roda belakang.

Hendrik menjelaskan mobil-mobil Genesis dijual berdasarkan pesanan. Soal harga tidak diterangkan, namun bila diamati berdasarkan kapasitas mesin G80 kena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 125 persen. (fea)