Instagram Beri Tanggapan Penghapusan Foto Rizieq Shihab

CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 11:05 WIB
Instagram Beri Tanggapan Penghapusan Foto Rizieq Shihab Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram menanggapi pemblokiran dua foto Rizieq Shihab yang dialami oleh sejumlah penggunanya. Instagram mengatakan pihaknya pasti akan menghapus konten yang melanggar Pedoman Komunitas.

"Instagram terbuka untuk orang berdiskusi mengenai beragam topik dan gagasan serta meningkatkan kesadaran akan isu yang penting bagi masyarakat, namun kami akan menghapus konten yang melanggar Pedoman Komunitas yang telah ditetapkan," kata juru bicara Instagram kepada CNNIndonesia.com, Selasa (9/4).

Pengguna Instagram bernama Anto merupakan salah satu yang mengaku berisi wajah Rizieq yang terlukis di bendera pada saat kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Gelora Bung Karno, Minggu (7/4) telah dihapus dari akunnya.


Dalam proses penghapusan konten, Instagram mengatakan mengandalkan teknologi dan sistem pelaporan. Instagram mengakui sudah berinvestasi pada teknologi dan sistem pelaporan agar penghapusan konten lebih efektif.

"Keamanan komunitas kami adalah tanggung jawab utama kami maka kami telah berinvestasi dalam sistem pelaporan dan teknologi untuk menandakan dan menghapus konten yang tidak memenuhi pedoman kami," ujar Instagram.

Lebih lanjut anak perusahaan Facebook ini mengatakan hendak membuat layannya menjadi forum berbagi cerita bagi seluruh penggunanya.

Instagram Beri Tanggapan Penghapusan Foto Rizieq ShihabInstagram menghapus unggahan foto poster dengan wajah Rizieq Shibab. (Foto: Dok. Istimewa)

"Kami ingin agar semua orang yang menggunakan Instagram merasa aman dan nyaman saat mereka berbagi cerita maupun berhubungan dengan teman dan keluarganya," kata Instagram.

Instagram enggan merinci saat ditanya lebih lanjut terkait poin terkait pedoman komunitas yang dianggap menjadi alasan foto Rizieq dihapus dari platform-nya.

Dihubungi terpisah juru bicara Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Novel Bamukmin  mengatakan kejadian pemblokiran konten Rizieq oleh Facebook dan Instagram bukan yang pertama kali.

Bahkan Novel mengklaim konten berbau Front Pembela Islam dan 212 juga masuk daftar blokir Facebook maupun Instagram.

Instagram Beri Tanggapan Penghapusan Foto Rizieq ShihabUnggahan foto poster dengan wajah Rizieq Shibab yang dihapus Instagram. (Foto: Dok. Istimewa)

"Kejadian ini bukan baru kali ini, semua yg berbau FPI, 212 langsung diblokir dari Facebook dan Instagram. Termasuk saya sudah tidak bisa menggunakan Facebook atas nama dan foto saya dan ini kami dari FPI," ungkap Novel.

Novel mengatakan pihaknya telah mengadakan demonstrasi ke kantor Facebook terkait pemblokiran ini. Kendati demikian Novel mengatakan Facebook tidak memberikan jawaban yang jelas terkait alasan pemblokiran.

"Sudah dan mereka tidak ada keputusan dan alasan yang jelas sehingga baik Instagram maupun Facebook tetap memblokir kami," imbuhnya.


Pemblokiran foto Rizieq di Instagram bukan kali ini saja terjadi. Istri almarhum pendakwah Ustaz Jefry Al Buchory, Pipik Dian Irawati mengtakan fot dirinya bersama Rizieq Shihab dihapus oleh Instagram pada 9 Februari 2019. Foto tersebut diambil saat Pipik tengah berkunjung ke kediaman Rizieq saat umroh.

Pemblokiran serupa juga dialami Mantan Bek Persija Jakarta Gunawan Dwi Cahyo. Gunawan melakukan umroh ke Mekkah sembari berkunjung ke kediaman Rizieq kemudian mengunggah foto pada 8 Januari 2019.

"Ia saya masukkan (unggah) foto, terus dalam beberapa jam langsung dihapus oleh Instagram. Tapi saya tidak mengadu ke Instagram soal penghapusan ini," kata Gunawan saat dihubungi CNNIndonesia.com. (jnp/evn)