Peneliti Temukan Jejak Kulit Kaki Dinosaurus di Korsel

din, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 07:23 WIB
Peneliti Temukan Jejak Kulit Kaki Dinosaurus di Korsel Ilustrasi. (Foto: Xu Xing/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peneliti paleontologi dari Universitas Nasional Chinju Korea dan Universitas Denver Colorado AS menemukan jejak kulit kaki dinosaurus 'sempurna'. Penemuan itu tercipta saat melakukan penggalian di provinsi Gyeongsang Selatan, kota Jinju, Korea Selatan.

Para peneliti menggambarkan jejak kaki dinosaurus itu berasal dari jejak theropoda terkecil yang sangat terawat.

Dilansir dari Geek, jejak kulit kaki dinosaurus itu diketahui dari jenis dinosaurus Minisauripus. Panjang jejak kaki yang ditemukan hanya satu inci.


"Jejak ditemukan pada lapisan lumpur halus yang sangat tipis, agak seperti lapisan cat baru setebal satu milimeter," kata Martin Lockley, salah seorang anggota tim penelitian dari Universitas Denver Colorado.


Bukti menunjukkan tepat sebelum rel di provinsi Gyeongsang Selatan dibuat, terdapat genangan air. Lalu, dinosaurus jenis Minisauripus itu diduga menginjak genangan air tersebut.

Jejak kulit kaki dinosaurus yang ditemukan terdiri dari tuberkel biasa yang sangat halus atau seperti tonjolan-tonjolan dalam susunan poligon, yang memberi kesan sedimen berpola seperti amplas atau tenunan Masing-masing tuberkel itu berdiameter 0,5 milimeter.

Lebih lanjut, Lockley dan tim mengatakan bahwa belum ada jejak kaki dinosaurus atau tetrapoda lainnya yang ditemukan dengan gambaran kulit yang terpelihara dengan baik seperti jenis dinosaurus Minisauripus.

Belum ada jejak kaki dinosaurus atau tetrapoda lainnya yang dilaporkan dengan tayangan kulit yang terpelihara dengan baik yang menutupi seluruh permukaan lintasan dalam seluruh sampel.


Para peneliti juga menilai bahwa pola kulit kaki dinosaurus yang mereka temukan agak mirip dengan jejak dinosaurus jenis Theropoda Karnivora, dengan sisik yang jauh lebih besar.

Akibat dari temuan jejak kaki dinosaurus di kota Jinju, peneliti dapat menunjukkan jenis hewan mamalia purba lain di Korea Selatan seperti Koreasaltipes Jinjuensis, Dromaeosauriformipes Rarus dan Corpulentapus. (asa)