BPN Sebut Mobil Nasional Prabowo Tak Akan Seperti Esemka

ray, CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 12:21 WIB
BPN Sebut Mobil Nasional Prabowo Tak Akan Seperti Esemka Mobil Esemka. (Foto: Detikcom/Bayu Ardi Isnanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan masa depan mobil nasional (mobnas) versi Prabowo tidak akan bernasib seperti Esemka.

Anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Drajat Wibowo menjelaskan mobil nasional harus murni teknologi Indonesia, tidak seperti Esemka yang disebut hanya mengganti emblem produk asal China, sport utility vehicle (SUV) Foday.

"Ya tidak nempel-nempel, kalau nempel-nempel jadinya Esemka. Kami tidak begitu, tidak mau," kata Drajat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/4).


Selain menempel merek China, menurut Drajat pengembanga Esemka dinilai kurang menguasai teknologi otomotif.

"Terbukti saat dicoba Esemka itu teknologi ketinggalan jauh, mobil berat dan lain sebagainya. Jadi banyak sekali kelemahan dari situ. Itu menunjukkan KTB (kapasitas teknologi bangsa) jauh dari yang lain," ucapnya.

Drajat menambahkan Esemka adalah produk gagal. Ia menuding Esemka dikembangkan bukan berlandaskan kemajuan industri otomotif melainkan hanya menaikkan citra lawan politik Prabowo, Joko Widodo.

"Ya Esemka itu catatan kegagalan. Keberhasilannya hanya menaikkan pamor Jokowi di tingkat nasional," ungkapnya.

Oleh sebab itu Drajat memastikan hal tersebut yang tidak akan Prabowo lakukan jika memiliki kesempatan mengembangkan mobil nasional setelah terpilih sebagai di kursi presiden.

"Esemka lebih kepada pencitraan, bukan untuk penguasaan teknologi. Makanya kasihan anak SMK jadi sia-sia. Mas Prabowo ini bukan untuk pencitraan," ucap Drajat.

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Mukhamad Misbakhun yang dihubungi CNNIndonesia.com memilih diam saat diminta tanggapan soal wacana mobil nasional dari Prabowo.

Sebelumnya Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan akan membuat ratusan pabrik baru. Tak hanya itu, Prabowo pun menyindir soal rencana produksi mobil buatan Indonesia.

"Kita ingin punya mobil buatan Indonesia yang benar-benar buatan Indonesia, bukan mobil etok-etok (bahasa jawa: pura-pura), motor benar-benar buatan Indonesia," kata Prabowo saat berorasi dalam kampanye terbuka di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4).

Prabowo mengatakan program andai dirinya dan Sandiaga memenangi Pilpres, maka akan berupaya pembangunan ratusan pabrik baru. Ia pun menjanjikan produk otomotif yang betul-betul merek nasional seperti pesawat yang dimotori PT Dirgantara Indonesia (dulu IPTN).

"Pesawat terbang dulu kita pernah bikin, kita akan bikin pesawat terbang. Kita akan bikin kapal-kapal sendiri, kita akan bantu nelayan-nelayan kita," janji Prabowo.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)