Gambar Jokowi Tercoblos di Malaysia, #01MainCurang Menggema

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 19:16 WIB
Gambar Jokowi Tercoblos di Malaysia, #01MainCurang Menggema Ilustrasi. (AFP PHOTO / MOHAMMED ABED)
Jakarta, CNN Indonesia --
Sejumlah netizen yang didominasi pendukung pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggerakkan tagar #01MainCurang. Hal itu dipicu beredar di sosial media penemuan belasan karung surat suara di Kuala Lumpur, Malaysia yang telah tercoblos untuk pasangan calon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Partai Nasdem.
Sebagian warga net menghimbau kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengusus tuntas kasus tersebut.
Sebagian warga net lainnya mencibir paslon 01 maupun tim suksesnya.
Malah akun @PututEkojati pun mengkritik kinerja KPU dan tak percaya dengan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk bersikap adil.
Akibatnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun akan mengkaji permintaan sementara pemilu 2019. Kendati demikian, Komisioner KPU Ilham Saputra akan mempelajari laporan dugaan kecurangan itu terlebih dahulu.
KPU sendiri tengah melakukan konfirmasi dengan pokja pemilu luar negeri. Ilham berdalih belum menerima permintaan Bawaslu yang sudah mengeluarkan rekomendasi agar pemilu 2019 di Malaysia dihentikan.
"Kami belum dapat informasinya. Kalau pun nanti dapat kami akan pelajari dulu," tuturnya.
Sebelumnya, Bawaslu telah meminta pemilu 2019 di Malaysia dihentikan usai beredar video di media sosial penemuan surat suara tercoblos untuk paslon 01 Jokowi-Ma'ruf.Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengonfirmasi kebenaran video itu. Ia menyebut surat suara itu ditemukan oleh Panitia Pemilhan Luar Negeri (PLN) Kuala Lumpur.



(din/age)