Honda 'Modif' CRF250L Jadi Konsep Motor Listrik

fea, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 16:26 WIB
Honda 'Modif' CRF250L Jadi Konsep Motor Listrik Ilustrasi Honda CRF. (Foto: Dok. Astra Honda Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang terkejut saat Honda memutuskan melakukan debut prototipe motor trail listrik di Tokyo Motor Show pada 21 Maret. Penampakannya jadi salah satu bukti masa depan generasi motor trail Honda aman, namun masih banyak pertanyaan yang belum terjawab karena cuma sedikit informasi resmi yang diberikan.

Tanpa pernyataan resmi, spekulasi pun beredar. Di jagat internet berbagai klaim bermunculan, seperti soal nama, sumber sasis, kapasitas baterai, dan tenaga yang dihasilkan.


[Gambas:Instagram]
Berdasarkan informasi wawancara dirtbikelover.com dengan Honda, setidaknya terungkap ada empat fakta terkait prototipe ini.


1. Nama prototipe ini adalah CR Electric.

Hal ini memastikan bila pengembangannya terus dilanjutkan sampai model produksi maka menjadi bagian keluarga besar motor offroad Honda, CR Series.

2. Mugen yang merancang motor listrik.

Di tubuh CR Electric ada banyak merek komponen yang sudah akrab dengan Honda, misalnya Showa pada suspensi upside down di depan dan Nissin pada rem. Selain itu ada logo Mugen berwarna merah yang tertera pada bagian tengah motor, tepatnya pada motor listrik yang diikat di sasis.

"Honda membidik mengatasi karakteristik unik kendaraan listrik dan isunya dan mengaplikasikan pengetahuan yang sudah didapat pada pengembangan masa depan ritel motor listrik. Prototipe ini dikembangkan bersama Honda R&D Jepang. Honda bertanggung jawab membangun prototipe dan M-TEC memproduksi motor listrik berbasis baterai," kata Honda.

M-Tec merupakan nama lain dari Mugen Motorsports yang didirikan oleh Hirotoshi Honda, anak pendiri Honda, Soichiro Honda. Mugen merupakan penyedia komponen OEM buat Honda dan sejak lima tahun ke belakang serius mengembangkan teknologi motor listrik di arena balap.

Pada Tokyo Motor Show 2017, Mugen pernah memamerkan konsep motor trail listrik E.REX. Lantas pada awal tahun ini generasi keduanya yang secara visual mirip dengan CR Electric juga diperkenalkan.

[Gambas:Instagram]
3. Menggunakan baterai Lithium-Ion

Dirtbikelover.com bertanya lebih detail tentang baterai, yaitu soal kapasitas, jarak tempuh, dan waktu pengecasan. Namun Honda hanya menjawab 'Lithium-Ion, 1 pak' tanpa menjelaskan terdiri dari berapa sel.

4. Berbasis sasis CRF250R

Honda memastikan CR Electric menggunakan sasis CRF250R yang dioptimalkan agar bisa mengangkut baterai dan motor listrik. Selain itu Honda juga bilang membidik performanya setara dengan motor 250 cc.

[Gambas:Youtube] (fea)