Operator Korsel akan Terapkan 5G untuk Latihan Militer

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 14:43 WIB
Operator Korsel akan Terapkan 5G untuk Latihan Militer Ilustrasi. (AFP PHOTO / Pau Barrena)
Jakarta, CNN Indonesia -- SK Telecom dan Akademi Militer Korea akan mengembangkan program pelatihan berbasis 5G untuk tentara. Dilansir dari ZDNet, pelatihan ini akan berbentuk simulasi pemotretan VR seperti yang terlihat dalam film Ready Player One.

Keduanya akan berkolaborasi untuk menciptakan akademi "pintar" yang menggabungkan jaringan nirkabel 5G dengan teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan (AI), virtual reality (VR), augmented reality (AR), Internet of Things (IoT), cloud, big data, dan mobilitas.

SK Telecom dan akademi juga akan berkolaborasi dalam penelitian keamanan kuantum dan drone.


Operator seluler asal Korea ini bertujuan untuk menyelesaikan pembangunan jaringan nirkabel 5G di kampus Seoul akademi selama semester pertama tahun ini. Perusahaan telekomunikasi itu mengatakan akan memberikan jaringan "khusus" yang mempertimbangkan keamanan dan geografi institusi militer.

Setelah jaringan selesai, akademi mengatakan akan membuat simulator penembakan VR dan simulator perintah berbasis VR dan AR untuk peserta pelatihan. Perusahaan membayangkan program pemotretan VR menjadi versi militer dari simulasi yang terlihat dalam film Ready Player One.

SK Telecom mengungkapkan latensi rendah dan kecepatan 5G akan memungkinkan kelas menampung lebih dari 200 calon tentara untuk program-program ini.
Trainee juga akan mendapatkan perangkat yang dapat dipakai sehingga akademi dapat menggunakan big data dan AI untuk secara konsisten untuk memeriksa kondisinya.

Jaringan 5G Korea Selatan telah diluncurkan awal bulan ini dan diklaim menjadi pertama di dunia.

SK Telecom dan KT, masing-masing operator seluler terbesar dan kedua di Korea, belum menggunakan peralatan Huawei untuk penyebaran awal 5G mereka. Sementara LG Uplus telah mengandalkan perusahaan Cina secara luas. (age)