IIMS 2019

Berburu Moge 500 cc 'Murah' Pasca Pesta Demokrasi

ray, CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 15:27 WIB
Berburu Moge 500 cc 'Murah' <i>Pasca</i> Pesta Demokrasi Seorang pengunjung terlihat sedang memperhatikan sepeda motor di pameran otomotif IIMS 2018. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta mulai 25 April-5 Mei 2019 bakal diramaikan sejumlah merek sepeda motor dua mulai dari Eropa, India, Jepang hingga China turut andil bagian dalam acara itu.

Para pengunjung pameran otomotif yang diselenggarakan Dyandra Promosindo dipastikan akan menyaksikan deretan motor terbaru, mulai mesin kapasitas kecil, sedang hingga besar yang disebut "moge". Yang cukup menarik perhatian adalah line up motor "moge".

Beberapa tahun terakhir konsumen dalam negeri dihadapi sejumlah pilihan moge dari berbagai merek, namun tak banyak yang membuat bahagia sesuai isi kantong. Di tengah persaingan ketat motor mesin 500 cc, yang tak kalah menarik adalah merek Benelli.


Direktur Benelli Motor Indonesia Steven Kentjana Putra menjelaskan akan memperkenalkan Leoncino 500 dan TRK 502 di IIMS 2019. Kedua motor menawarkan desain berbeda, yaitu Leoncino 500 berdesain scrambler dan TRK 502 dengan ciri khasnya sebagai motor petualang yang dirancang untuk segala medan.

Dijelaskan Steven bahwa dua motor ini dipersiapkan dengan perhitungan matang dan tidak punya rival yang benar-benar berhadapan langsung.

"Saya pernah punya motor cafe racer TNT tornado, jualannya bagaimana, memble kan. Kalau saya pertahankan itu Benelli eksistensinya tidak mungkin bisa sampai sekarang," kata Stevan saat ditemui di Jakarta kemarin.

"Makanya dua tahun lalu saya sambil berdoa dapat hidayah jangan head-to-head dulu sama yang giant-giant. Harus berpikir di luar mainstream dulu," ungkap Stevan.

Menurut Stevan Leoncino 500 saat dijual nanti bakal dibanderol di bawah Rp150 juta, sementara TRK 502 diperkirakan harganya di bawah Rp160 juta.

Benelli yang memiliki pabrik produksi di China dan Eropa kurang populer dengan produk mesin 500 cc, terlebih untuk kelas scrambler dan adventure.

Berbeda dengan merek Jepang, salah satu contoh Kawasaki yang cukup populer dengan produk Versys mesin 250 cc, 650 cc, dan 1.000 cc. Motor petualang Kawasaki ini dijual mulai Rp73,1 juta sampai Rp346 juta on-the-road Jakarta. Harga moge Kawasaki jelas di atas Benelli.

Pengunjung juga bisa melirik Ducati. Merek asal Italia itu menawarkan empat varian Scrambler. Walau bermain pada segmen yang sama, motor Scrambler Benelli dirancang dengan mesin lebih kecil dan harga lebih murah. Harga Scrambler Ducati mulai Rp369 juta sampai Rp429 juta.

Pabrikan yang sama-sama menjual produk motor mesin kapasitas 500 cc terpantau hanya Honda. Honda memiliki CB500X di kelas motor adventure, CB500F, dan CMX500 Rebel, dengan harga sebelas dua belas dengan Benelli. (ryh/mik)