Duka dan Kenangan Netizen untuk Gereja Notre Dame Paris

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 08:41 WIB
Duka dan Kenangan Netizen untuk Gereja Notre Dame Paris Kebakaran Gereja Notre Dame. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran meruntuhkan menara Gereja Katedral Notre Dame di pusat kota Paris pada Senin (15/4) sore waktu setempat. Gereja Notre Dame merupakan bangunan arsitektur bersejarah di Paris, Perancis.

Sebagai situs warisan dunia UNESCO, Notre Dame menjadi magnet para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Tiga belas juta wisatawan asing mampir untuk mengabadikan momen, berswafoto, hingga mempelajari arsitektur.

Kejadian ini sontak mengundang perhatian warga seluruh dunia. Tak lama dari kejadian tersebut, Notre Dame menjadi topik terpopuler seluruh dunia di Twitter. Lebih dari dua juta cuitan yang ditujukan untuk Gereja Notre Dame.
Sebagian warga net mengungkapkan kesedihan atas kejadian tersebut.






Bahkan, Barrack Obama dan Hillary Clinton pun mencuitkan duka mereka di Twitter.





Tak sedikit juga warganet yang membagikan kenangan mereka di Gereja Notre Dame sebelum kebakaran terjadi.



Ratusan pemadam Kota Paris, Prancis berhasil memadamkan kebakaran di Katedral Notre-Dame. Mereka turut menyelamatkan sejumlah artefak setelah si jago merah nyaris menghancurkan seluruh bangunan.

Seperti dilansir AFP, Selasa (16/4), pemerintah Kota Paris mengerahkan sekitar 400 pemadam kebakaran dalam kejadian itu. Namun, akibat api yang cepat menjalar, atap gereja berbahan kayu yang berusia 850 tahun itu tidak berhasil diselamatkan. (age/age)


ARTIKEL TERKAIT