Cek Situs Berikut untuk Kenali Profil Caleg Pilihan

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 16:22 WIB
Cek Situs Berikut untuk Kenali Profil Caleg Pilihan Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sehari jelang Pemilihan Umum (Pemilu), masyarakat di seluruh Indonesia akan menentukan pilihan terhadap wakil rakyat yang akan duduk di bangku DPR, DPD, DPRD tingkat provinsi, serta DPRD tingkat kabupaten.

Berbeda dengan kertas suara untuk capres - cawapres, empat kertas suara lainnya justru memuat lebih banyak nama calon. Untuk mengetahui profil caleg, partai pengusung, hingga latar belakang dan rekam jejak calon wakil rakyat sebaiknya cek situs-situs berikut.

Infopemilu.kpu.go.id
KPU menyediakan panel khusus yang memuat jadwal lengkap proses pemilihan umum, mulai dari pendaftaran calon, proses perhitungan, hingga pengumuman dan pelantikan kandidat.


Situs resmi KPU ini juga bisa digunakan untuk memeriksa apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda sudah terdaftar dalam daftar pemilih. Seperti diketahui, NIK penting lantaran jika nomor belum terdaftar maka Anda tidak bisa mengugnakan hak suara pada Rabu (17/4).

Jariungu.com
Situs jariungu.com menampilkan lebih dari 240 ribu nama calon legislatif periode 2019-2024 dan lebih dari 19 ribu anggota parlemen untuk DPR, DPD, dan DPRD. Masyarakat bisa memanfaatka situs ini untuk menyaring kategori berdasarkan preferensi, misalnya pengelompokkkan berdasarkan caleg yang berstatus residivis, daftar riwayat hidup caleg, hingga calon yang mendukung kandidat presiden nomor urut satu atau dua.

Selain daftar caleg, situs ini juga menyediakan pencarian berbasis profil. Pengguna bisa melakukan penelusuran menggunakan kata kunci 'cv caleg 2019' untuk mendapat informasi latar belakang pendidikan atau organisasi yang pernah digeluti.

Disamping informasi terkait kandidat caleg, situs ini juga memuat daftar peraturan pemilu dan pantauan persebaran dana dari pemerintah pusat ke daerah-daerah lewat fitur 'PAKWID'.

Temanrakyat.id
Teman Rakyat menggunakan pendekatan yang lebih menarik untuk generasi muda. Menggunakan tagar #UNBOXINGCALEG, Teman Rakyat memperkenalkan kandidat-kandidat caleg, ibarat melakukan ulasan produk dengan bahasa yang ringan dan mudah diterima pemilih muda.

Setiap ulasan kandidat dilengkapi dengan keunggulan, kekurangan, hingga konklusi yang dapat ditarik pembaca. Fitur lain yang dihadirkan Teman Rakyat yakni ajang diskusi dan mengutarakan pendapat hingga membuat petisi untuk kemudian disampaikan kepada pihak berwenang.

Dibanding situs serupa, Teman Rakyat tidak menjabarkan informasi kandidat secara sistematis berdasarkan area pemilih. Namun, situs ini bisa jadi ajang untuk memancing aspirasi berpoliitik anak muda.

Pintarmemilih.id
Situs pintarmemilih.id memiliki antarmuka yang ramah bagi pengguna. Untuk mencari kandidat caleg, pengguna cukup menyaring berdasarkan daerah, afiliasi partai, agama, jenis kelamin, dan usia.

Selain informasi caleg, pengguna juga bisa memanfaatkan kalender tahapan pemilu, jadwal debat, hingga jadwal perhitungan suara. WNI yang berada di luar neger bisa mendapatkan panduan tempat pemilihan. Hanya saja, tidak semua kandidat caleg dilengkapi foto pada informasi profil mereka. (lea/evn)