Seruan Tak Golput Hingga 'Kepo' Netizen Sehari Jelang Pemilu

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 17:10 WIB
Seruan Tak Golput Hingga 'Kepo' Netizen Sehari Jelang Pemilu Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/ Akbar Tado)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sehari jelang Pemilihan Umum, pengguna internet menggaungkan sejumlah imbauan lewat lini masa Twitter. Netizen kompak menggaungkan tagar agar menggunakan hak pilih, besok (17/4).

Tagar #JanganMauDipecah, #RabuNyoblosYuk, dan #HabisNyoblosNgapain masuk dalam daftar trending topik lima teratas di Indonesia.

Hingga berita ini ditulis pada pukul 14:39 WIB, tagar #JanganMauDipecah dan #RabuNyoblosYuk berisi imbauan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilih dan tidak terpecah belah meski berbeda pilihan.


Pantauan dari situs Trends24 mencatat kedua tagar tersebut menjadi buah bibir sejak satu jam terakhir. Terpantau ada lebih dari 10 ribu cuitan untuk tagar #JanganMauDipecah dan lebih dari 6.000 cuitan untuk ajakan #RabuNyoblosYuk.









Berbeda dengan dua tagar di atas, tagar #HabisNyoblosNgapain justru berisi kalimat hingga gambar kreatif untuk menggambarkan aktivitas usai merayakan pesta demokrasi.

Sebagian pengguna Twitter juga berbagi informasi promo potongan harga di sejumlah restoran hingga tempat wisata. Salah satu syarat utama mendapatkan promo tentu dengan menunjukkan bukti jari bertinta setelah mencoblos.











Berbeda dengan perhelatan Pemilu sebelumnya, mekanisme pemungutan suara Pemilu 2019 untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD sekaligus dalam waktu bersamaan. Keputusan tersebut dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tenang Pemilu. (din/evn)