KawalPemilu Tampung Laporan Hasil Penghitungan Suara di TPS

evn, CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 20:03 WIB
KawalPemilu Tampung Laporan Hasil Penghitungan Suara di TPS Proses penghitungan suara Pemilu di TPS. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesta demokrasi Pemilihan Umum yang berlangsung hari ini (17/4) serentak di seluruh Indonesia. Masyarakat antusias berbondong-bondong menuju TPS (tempat pemungutan suara) pada pagi hingga siang hari untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota dewan legislatif.

Bukan hanya memberikan suara, masyarakat kini juga bisa ikut mengawal hasil penghitungan suara. Gerakan Kawal Pemilu menjadi salah satu wadah bagi masyarakat untuk melaporkan dan memonitor hasil penghitungan suara.

Untuk ikut turut serta mengawal hasil penghitungan suara, masyarakat bisa mengunggah dua foto form C1 plano pilpres (PPWP) dan foto C1 plano DPR RI yang sudah ditanda tangani dan ditempel di dinding atau papan pengumuman TPS.


Setelah mengambil foto, Anda bisa masuk ke situs upload.kawalpemilu.org dan masuk menggunakan akun facebook. Unggah semua foto form C1 dari hasil penghitungan suara.

Hasil foto C1 Plano juga bisa dikirimkan melalui nomor WhatsApp 08180250-475.

Situs Kawal Pemilu akan melakukan monitoring rekapitulasi suara Pemilu. Situs yang digagas oleh lima orang asal Indonesia yakni Ainun Najib, Felix Halim, Andrian Kurniady, Ilham WK, dan Fajran Iman Rusadi memulai debut monitoring hasil penghitungan suara pada Pemilu 2014.

Kawal Pemilu melibatkan partisipasi masyarakat secara urun daya (crowdsourcing) untuk mengumpulkan foto dari TPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)