Trafik Data Operator Meningkat Saat Pemilu 2019

CNN Indonesia | Sabtu, 20/04/2019 16:23 WIB
Trafik Data Operator Meningkat Saat Pemilu 2019 Ilustrasi penggunaan ponsel. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga besar operator seluler yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata mencatat kenaikan trafik data pada Pemilu 2019. Kenaikan data tercatat bukan hanya terjadi apda hari pemungutan suara, namun juga mulai terpantau sejak sehari sebelum dan setelah Pemilu.

Telkomsel mencatat kenaikan trafik data saat hari pemilihan suara mencapai 18,5 petabyte atau sekitar 16,3 persen dibandingkan rata-rata hari normal di tahun 2019.

GM external corporate communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan pihaknya sudah memprediksi peningkatan layanan tersebut. Layanan data masih mendominasi dibandingkan layanan suara dan SMS.


"Peningkatan ini seiring dengan meningkatnya masyarakat dalam memanfaatkan layanan-layanan digital. Dalam Pesta Demokrasi kami telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan selama masa tenang, Pilpres, Hari Pemilihan hingga pengumuman layanan komunikasi berjalan lancar dan tidak ada gangguan ataupun kendala yang berarti," tukas Denny melalui keterangan resmi.

Operator plat merah ini mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi berasa dari wilayah Sumatera Barat dan Riau sebesar 28 persen dibandingkan hari normal. Diikuti Sulawesi dengan 19,5 persen dan Jawa Barat sebesar 18,3 persen.

Sedangkan layanan suara justru menurun sebesar 10 persen menjadi 1.125 menit dan SMS menurun 7,8 persen menjadi 482 juta SMS.

Senada, XL Axiata juga mencatat kenaikan trafik data tertinggi mencapai 24 persen dan trafik layanan suara meningkat empat persen pada periode 16-18 April 2018.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan kenaikan trafik data didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat 190 persen dibandingkan hari normal.

"Akses ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6 persen, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30 persen. Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175 persen selama libur Pilpres," terang perempuan yang kerap disapa Ayu.

Selama periode tersebut, pengguna XL juga aktif mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung. Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7 persen.

Selama sehari sebelum hingga setelah Pemilu, XL mencatat perpindahan kepadatan akses dari area Jabodetabek berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17 persen, Garut 14 persen, Kuningan dan Indramayu sekitar 10 persen.

Sementara itu, GH corporate communication Indosat Ooredoo Turina Farouk menerangkan trafik data Indosat meningkat 7,02 persen menjadi 8.163,57 Terabytes dibanding trafik hari biasa.

"Media sosial yang paling tinggi digunakan oleh pelanggan adalah YouTube sebesar 5,43 persen dan WhatsApp sebesar 7,93 persen dibandingkan hari biasa. Sama seperti hari biasa, Jakarta menjadi area dengan trafik data tertinggi," terang Turina dalam pernyataan resminya. (evn/evn)