Cara Google Doodle Peringati Hari Bumi

CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 11:38 WIB
Cara Google Doodle Peringati Hari Bumi Google doodle memperingati Hari Bumi. (Foto: Screenshot via Google.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google menampilkan doodle interaktif untuk merayakan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April setiap tahunnya.

Dalam doodle yang dirilis, Google menampilkan beberapa organisme penghuni Bumi mulai dari yang hidup di darat, laut hingga perut Bumi.

Kevin Laughlin, sosok di balik doodle hari ini menampilkan enam organisme mulai dari burung Albatross yang memiliki bentang sayap terluas, pohon Redwood yang menjadi pohon tertinggi di dunia, katak Paedophryne Amauensis yang merupakan vertebrata terkecil. Berikutnya Lily air sebagai tanaman air terbesar di dunia penghuni Amazon, Coelacanth sebagai spesies tertua di dunia yang berusia 407 tahun, dan springtails gua sebagai makhluk darat terdalam.


Laughlin menerangkan bagian tersulit di balik pemilihan enam spesies tersebut untuk diangkat sebagai kisah perayaan Hari bumi.

"Kami mencoba fokus untuk memiliki beragam organisme yang baik dari seluruh dunia yang semuanya memiliki kualitas unik yang istimewa atau superlatif duniawi (tertinggi, terkecil, tertua, dan lainnya," jelas Laughlin dalam blog Google.

Menurutnya, bagian paling sulit adalah menampilkan hewan penghuni Bumi berdasarkan kelucuan mereka. Diantara keenam organisme penghuni Bumi, Laughlin mengatakan ia dan tim mengalami kesulitan saat membujuk springtails keluar dari persembunyiannya.

"Para ilmuwan mampu membujuk springtails penghuni gua yang dalam dengan sedikit keju. Jadi, kita tidak jauh berbeda dari heksapoda kecil ini," tulisnya.

Hari Bumi diperingati secara internasional setiap 22 April sebagai hari pengamatan tentang bumi. Hari Bumi dicanangkan untuk meningkatkan kesedaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini.

(evn)