Riset: Go-food Kian Dipercaya Merchant Dibanding Kompetitor

Gojek, CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 13:33 WIB
Riset: Go-food Kian Dipercaya Merchant Dibanding Kompetitor Riset terbaru Universitas Indonesia menunjukkan aspek teknologi Go-food berdampak besar terhadap omzet mitra di bidang kuliner. (Foto: Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riset terbaru Universitas Indonesia menunjukkan aspek teknologi Go-food berdampak besar terhadap omzet mitra di bidang kuliner. Selain omzet, UMKM juga bisa naik kelas usai bermitra dengan layanan pesan antar makan tersebut.

Riset itu disampaikan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia beberapa waktu lalu. Wakil Kepala LD FEB UI Paksi Walandouw menuturkan aspek teknologi Go-food dinilai lebih superior sehingga menambah keyakinan dan kepercayaan UMKM terhadap layanan tersebut.

"Peningkatan klasifikasi omzet usaha menunjukkan UMKM yang bergabung dengan Gofood mengalami perluasan pasar dan naik kelas, seperti dari mikro ke kecil dari kecil ke menengah," kata Paksi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/4).


Dia menuturkan dengan UMKM yang naik kelas dan usaha yang membesar, maka sektor itu akan dapat menyerap tenaga kerja dan ekonomi daerah serta nasional.


Sementara itu, Nadiem Makarim, Global CEO Gojek mengatakan menuturkan teknologi Gojek memberikan akses langsung terhadap pasar yang lebih luas. "Teknologi menciptakan lapangan kerja di Indonesia," katanya.

Riset yang dilakukan IDN Times sebelumnya juga menuturkan Gojek menjadi aplikasi pesan antar yang sering dipakai. Datanya, Gojek menguasai 75 persen permintaan pasar dibandingkan GrabFood dengan 21 persen.

Riset UI itu juga menunjukkan 55 persen responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet dari sejak mereka gabung Go-food. Sementara itu, 72 persen responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant Go-food.

Manfaat Mitra

Kevin Wen, pemilik Piacevole Coffee di Medan, juga merasakan manfaat dari keberadaan Go-Food.

Saat ditemui di acara Mitra Juara Gojek, Kevin menyatakan ia sangat senang karena Gojek membantu banyak orang yang mungkin selama ini memiliki keterbatasan ekonomi.

"Pastinya semua jadi lebih berani untuk memulai usaha semenjak adanya Gojek," katanya. (asa)